Sosialisasi dan Pembentukan Forum Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan di Kecamatan Tanjung Palas Timur

25

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bulungan melakukan Sosialisasi dan Pembentukan Forum Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan Desa Tanah Kuning Kecamatan Tanjung Agung Kecamatan Tanjung Palas Timur, Rabu (26/09/2018).
Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Camat Tanjung Palas Timur Mansur Ismail, S.STP beserta staff, Sekretaris Desa Tanah Kuning dan Mangkupadi, Sekretaris PKK Kecamatan Tanjung Palas Timur, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Penyuluh KB Tanjung Palas Timur dan masyarakat sekitar.
Kegiatan ini dipusatkan di Balai Pertemuan Umum Desa Tanah Kuning.
Dalam sambutannya, Camat Tanjung Palas Timur Mansur Ismail, S.STP mengatakan “tindakan kekersan terhadap perempuan dan anak merupakan tindakan menghambat, mengabaikan, melanggar dan meniadakan hak asasi manusia serta merupakan kejahatan manusia” tegasnya.
Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah YB Prih Muji Darmawan, S.Psi selaku selaku Staf Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan sebagai narasumber Dekela dan Anwar Joko Prasetyo, SE, M.Pd selaku Anggota Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Bulungan sebagai narasumber Strategi Aksi Perubahan PATBM.
Dalam materinya YB Prih Muji Darmawan, S.Psi mengatakan “DEKELA adalah pembangunan desa/kelurahan yang menyatukan komitmen dan sumberdaya pemerintah yang melibatkan masyarakat dan dunia usaha yang berada di desa/kelurahan dalam rangka mempromosikan, melindungi, memenuhi dan menghormati hak-hak anak yang direncanakan secara sadar dan berkelanjutan” ucapnya.
Pada sesi berikutnya, Anwar Joko Prasetyo, SE, M.Pd dalam materinya “Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) adalah sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak” tegasnya.
Selain itu, dalam kegiatan ini juga diadakan Komitmen Bersama Tentang Gerakan Pengembangan Desa/Kelurahan Layak Anak (Gerbang DEKELA) di Kecamatan Tanjung Palas Timur.
Selanjutnya kegiatan di lanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Kegiatan kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.