Sosialisasi dan Pembentukan Kampung KB di Desa Pentian

33

Tanjung Selor (kla.id) – Bertempat di Balai Desa Pentian Kecamatan Sekatak, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kabupaten Bulungan kembali menggelar Sosialisasi dan Pembentukan kampung KB di Desa Pentian Kecamatan Sekatak, Senin (07/05/2018).

Pada Kegiatan ini, Kepala Dinas DPPPAPPKB Kabupaten Bulungan, dr.hj. Aryani Arsyad, M.Kes  memberikan memberikan sambutan dan materi dengan Judul Bulungan Kampung KB.

“Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis”, sampai Aryani.

Tujuan pembentukan Kampung KB ini untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Adapun prasyarat wajib pembentukan Kampung KB antara lain tersedianya data kependudukan yang akurat, adanya dukungan dan komitmen pemerintah daerah, dan partisipasi masyarakat yang berpartisipasi aktif.

Ruang lingkup pelaksanaan kegiatan di Kampung KB yang dibentuk meliputi kependudukan, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, ketahanan keluarga dan pemberdayaan keluarga (pembangunan keluarga), dan juga kegiatan lintas sektor seperti kegiatan di Bidang Pemukiman, Sosial Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan sebagainya yang disesuaikan dengan kebutuhan wilayah Kampung KB.

Pada kegiatan tersebut peserta juga diberikan kesempatan untuk tanya jawab dan diskusi terkait program Kampung KB.

Selanjutnya acar kemudian ditutup dengan proses peresmian kampung KB dengan pembukaan plang kampung KB.