Sosialisasi Pemenuhan Hak Sipil Anak di SDN 23 Dompu

37

Dompu~NTB Kla.id, Salah satu Hak Anak yang peling vital wajib dipenuhi adalah masalah sipil dan kebebasan. Namun, temuan Data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) antara Tahun 2010~2013, menunjukan bahwa rendahnya penghormatan, pemenuhan dan perlindungan terkait dengan hak sipil dan kebebasan anak.
Masalah dominan dalam kerangkaBidang Sipil dan Kebebasan yang selama ini terjadi meliputi; Hak Nama dan Kewarganegaraan, Hak Mempertahankan Identitas, Hak Masyarakat dalam Menyatakan Pendapat serta Hak Akses terhadap Infomasi yang Layak.
Lingkungan yang kondusif untuk anak nampaknya masih jauh dari harapan. Merebaknya berbagai masalah perlindungan anak telah memprihatinkan kita semua. Keuarga sebagai institusi utama dalam perlindungan anak ternyata belum sepenuhnya mampu menjalankan peranannya dengan baik.
Kasus perceraian, disharmonisasi keluarga, perilaku ayah atau ibu yang salah, keluarga miskin sampai kepada upaya Pemenuhan Hak Sipil dan Kebebasan Anak dalam berbagai permasalahan lainnya menjadi salah satu pemicu terabaikannya hak~hak anak dalam keluarga. Sedangkan anak dari sisi kehidupan berbangsa dan bernegara adalah masa depan bangsa dan generasi penerus cita~cita bangsa, sehingga negara berkewajiban memenuhi hak setiap anak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang, berpartisipasi, perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi.

Pemenuhan Hak Sipil dan Kebebasan Anak merupakan bagian dari perlindungan anak Indonesia. Melihat arti penting dari hak sipil dan kebebasan anak Indonesia serta berbagai produk hukum dan peraturan perundang~undangan yang menjadi landasannya, Pemerintah mengembangkan Kebijakan yang bersifat sistematik, holistik dan komprehensif, yang isinya mencakup Visi dan Misi, Tujuan dan Sasaran Kebijakan, Prinsip Umum yang dianut, Strategi untuk mencapainya serta Indikator untuk mengukur pencapaianya.

Melihat pentingnya Hak Sipil dan Kebebasan Anak, Forum Anak Dompu bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Dompu menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dompu, melaksanakan suatu Kegiatan demi terpenuhinya Hak Sipil dan Kebebasan Anak melalui Pemerataan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) di Lingkungan Sekolah (SD Negeri 23 Dompu)

Maksud dari kegiatan tersebut adalah (1) Menumbuhkan rasa kepedulian Anggota Forum Anak Dompu terhadap sesama; (2) Meningkatkan rasa kegotong royongan Anggota Forum Anak Dompu; (3) Menambahkan wawasan dan pengetahuan sosial Anggota Forum Anak Dompu; (4) Membantu pembentukan sikap dan kepribadian (Pendidikan Karakter) Anggota Forum Anak Dompu; (5) Perwujudan Hak Sipil dan Kebebasan Anak; dan (6) Pemerataah Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran Anak dan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Dompu.

Kegiatan Sosial dengan tajuk Sosialisasi Pemenuhan Hak Sipil Anak dan Percepatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran dan KIA ini diharapkan mampu membuka mata hati masyarakat dan orang tua dalam terciptanya kesadaran masing~masing akan pentingnya Akta Kelahiran dan KIA dimaksud.
Terkhusus untuk anak~anak yang merupakan Generasi Penerus Bangsa, harus dikembangkan dan ditingkatkan pemahaman pengetahuannya.
Masyarakat hendaknya menyadari pentingnya manfaat Akta Kelahiran dan KIA bagi seorang anak dalam kehidupannya akan datang.  [Yuan/FA Dpu]