SOSIALISASI PERLINDUNGAN ANAK TERPADU BERBASIS MASYARAKAT (PATBM) KOTA JAMBI TAHUN 2022

575

Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat  (PATBM) merupakan gerakan masyarakat yang ada di tingkat lokal yang sangat dekat dan langsung menjangkau atau dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat.

Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat  (PATBM) di tingkat desa/kelurahan, atau di tingkat bawahnya, yang bekerja dalam suatu jejaring, dapat menjangkau masyarakat secara meluas serta menyediakan kesempatan dan memfasilitisasi masyarakat untuk memenuhi hak partisipasi warga dalam perlindungan anak seperti yang diakui dan dijamin secara hukum melalui Undang-Undang Perlindungan Anak.

Perlindungan Anak Terpadu Berbasis MasyarakaT  (PATBM) berpotensi besar menekan perkembangan munculnya kejadian bahkan menurunkan jumlah kekerasan terhadap anak, dan memperkecil risiko kekerasan terhadap anak. Tujuan diselenggarakan sosialisasi ini adalah untuk membentuk fasilitator dan relawan pengembangan perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat (PATBM) untuk menguatkan kapasitas masyarakat melakukan upaya perlindungan anak dengan mencegah dan memecahkan secara mandiri permasalahan kekerasan terhadap anak yang terjadi di masyarakat. Peserta Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Tahun 2022 adalah 50 orang aktivis dan kader PATBM Kelurahan dan Kecamatan dalam Kota Jambi. Narasumber pelatihan ini Berasal dari DP3AP2 Provinsi Jambi Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Pesantren Sehat. Dan Kegiatan ini dilaksanakan di aula DPMPPA Kota Jambi