Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)

27

Kota Jambi (kla.id)

Sosialisasi tentang Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) telah dilaksanakan di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Jambi,  kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 6 s/d 7 Februari 2019.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Kepala Dinas DPMPPA Kota Jambi Ibu drg. Irawati Sukandar, M.Kes dan di pandu oleh Narasumber dari KEMENKUMHAM dan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi Jambi, adapun peserta Sosialisasi ini adalah seluruh Kelurahan dan Kecamatan yang ada di Kota Jambi.

Kepala DPMPPA dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakkan dan melaksanakan berbagai program yang mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak seperti pengembangan kabupaten / kota layak anak (kla), sekolah ramah anak (sra), pembentukan forum anak, pengadilan ramah anak, dan lain-lain. dimana semua program tersebut diratifikasi seluruh kabupate/kota se-indonesia termasuk kota jambi.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melakukan penelitian di berbagai wilayah Indonesia yang menghasikan gagasan dan strategi gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat(PATBM).

Melalui PATBM, masyarakat diharapkan mampu mengenali, menelaah, dan mengambil inisiatif untuk  mencegah dan memecahkan permasalahan kekerasan terhadap anak yang ada di lingkungannya sendiri. Pengertian dari Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)  adalah  sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai  tujuan perlindungan anak.(Yuni.Y)