Temu Anak Dompu Dalam Mempercepat Terwujudnya Dompu Kabupaten Layak Anak

70

Dompu, Temu Forum Anak Dompu merupakan Kegiatan Tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu. Kegiatan ini adalah wadah mempertemukan anak~anak Dompu dari berbagai latar belakang dan asal untuk melakukan diskusi isu~isu anak kekinian dan bisa menyusulkan solusi terbaik.
Kegiatan ini disebut sebagai Sidang Paripurna Anak Dompu. Karena anak~anak yang hadir sebagai Peserta akan melakukan Pendalaman Isu~Isu Anak Kekinian yang terjadi di Kabupaten Dompu berdasarkan 5 (Lima) Klaster Anak yang disebutkan dalam Indikator Kabupaten/Kota Layak Anak (Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 12 Tahun 2011 tentang Indikator Kabupaten/Kota Layak Anak/KLA). Anak~anak yang hadir akan diberikan kesempatan oleh Fasilitator untuk berbicara guna menyampaikan isu~isu anak berdasarkan pengetahuan, fakta dan data real.
Maksud dan Tujuan
1)    Mempertemukan Anak~Anak Dompu untuk melakukan Pendalaman Isu Anak Dompu terkini
2)    Memberikan pemahaman tentang Hak Anak & Perlindungan Anak Menurut KHA & UU Nomor 23 Tahun 2002, Forum Anak Media Pemenuhan Hak Partisipasi Anak dan Peran Anak sebagai Pelopor & Pelapor (2P)
3)    Memberikan kesempatan kepada Anak ~ Anak Dompu untuk dapat berpartisipasi dan mengembangkan kapasitasnya yang berperan sebagai 2P (Pelopor dan Pelapor) dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak
Temu Anak yang dilaksanakan pada hari Sabtu (15/06-2019) dihadiri oleh Wakil dari Forum Anak Dompu dan wakil dari Siswa/Siswi SMP/MTs & SMA/SMK/MA yang tersebar di 8 (Delapan) Kecamatan, dengan sejumlah 75 Peserta yang diundang.
kegiatan Temu Anak Dompu dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu “H. AGUS BUKHARI, SH.,MSi” dalam sambutannya beliau menyampaikan “Sesuai dengan Tema Kegiatan ini yaitu “Memperkuat Kapasitas Anak sebagai Parlementer Anak guna Mempercepat Terwujudnya Kabupaten Dompu yang Layak Anak”. Tema ini sangat tepat sekali, karena akan memberikan pemahaman anak sekaligus untuk membangun jati diri anak~anak kita sebagai Calon Generasi Bangsa”
Dalam Temu Anak Dompu dengan Tema “Memperkuat Kapasitas Anak sebagai Parlementer Anak guna Mempercepat Terwujudnya Kabupaten Dompu yang Layak Anak” menghadirkan pemateri~ pemateri, yakni ;

  1. HJ. DARYATI KUSTILAWATI, SE.,M.Si selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu dengan Materi “Hak Anak dan Perlindungan Anak menurut KHA dan UU No. 23 Tahun 2002”
2. HJ. NURJAYANTI, MPH selaku Kepala Seksi Peran Serta Anak Dinas PPPA Kabupaten Dompu dengan Materi “Forum Anak Media Pemenuhan Hak Partisipasi Anak” dan
3. NURAUHAN RAHMAD selaku Ketua Forum Anak Dompu dengan Materi “Peran Anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P)”
Dalam acara tersebut dilakukan Seleksi Duta Anak Dompu yang akan menjadi Duta Anak Kabupaten Dompu dalam Kegiatan Temu Anak Provinsi Nusa Tenggara Barat, Seleksi dilakasanakan dalam 2 Tahap yakni Tahap Selesksi Tertulis dan Tahap Seleksi Wawancara dari sejumlah Peserta yang mengikuti Seleksi tersebut terpilih 3 (Tiga) Duta, yakni ;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1) Siti Sakinah Mairah Afifah (SMA Negeri 1 Dompu)
2) Putri Aprilia Arjayanti (SMA Negeri 1 Dompu) dan
3) Muhammad Anugerah Dzulkaidah (SMA Negeri 1 Dompu)
Sesi terakhir dari acara Temu Anak Dompu diakhiri dengan Diskusi Kelompok yang membahas Isu terkait Situasi dan Kondisi Anak Dompu Terkini, Diskusi Kelompok tersebut dibagi dalam 5 Kelompok yang membahas kelima klaster :


a) Hak Sipil dan Kebebasan
b) Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif
c) Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan
d) Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya
e) Perlindungan Khusus

[Yd/DP3A Dompu]