TIM ASESOR BP~PAUDNI NTB LAKUKAN VISITASI AKREDITASI DI TK TUNAS BANGSA KECAMATAN WOJA ~ DOMPU

51

Dompu~NTB Kla.id, Tim Asesor Akreditasi PB~PAUDNI Nusa Tenggara Barat (Mataram) melakukan Visitasi TK/PAUD di TK Tunas Bangsa Kecamatan Woja Kabupaten Dompu ~ NTB. TK/PAUD yang merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Dompu, Sabtu (28/09~2019).

Visitasi adalah kunjungan ke TK/PAUD yang dilakukan oleh Asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh Lembaga TK/PAUD melalui pengisian Instrumen Akreditasi. Kegiatan Visitasi TK/PAUD dalam rangka pembinaan, pengembangan dan peningkatan mutu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Proses Visitasi merupakan rangkaian pelaksanaan Akreditasi yang melekat dengan fungsi evaluasi diri. Asesor melakukan Visitasi ke Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang akan diakreditasi.

Tim Asesor yang melakukan Visitasi ke TK Tunas Bangsa Kecamat Woja berdasarkan Surat Tugas dari Badan Akreditasi Nasional PAUD dan PNF Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 038/K/ST/IX/2019, Tanggal 24 September 2019 adalah Sailan, S.Sos dan Yayuk Kusumawati, M.Pd.
Tim Asesor sesuai Surat Tugas ini melaksanakan Tugas sejak Tanggal 25 September hingga 08 Oktober 2019, dengan mengunjungi 4 (Empat) Lembaga TK/PAUD yang berlokasi di Kabupaten Sumbawa 3 Lembaga dan Kabupaten Dompu 1 Lembaga. Lembaga TK yang dikunjungi yaitu ; (1) TKS PGRI Labu Bontong (Kecamatan Tarano~Sumbawa) NPSN 69759991; (2) TKS PGRI Putra Bangsa (Kecamatan Lunyuk~Sumbawa) NPSN 69759875; (3) KB Walet Mas (Kecamatan Lunyuk~Sumbawa) NPSN 69810718) dan (4) TK Tunas Bangsa (Kecamatan Woja~Dompu) NPSN 69798553.

Tim Asesor yang melakukan kegiatan Visitasi  ke TK Tinas Bangsa Kecamatan Woja ~ Dompu ada 2 orang, yakni Sailan, S.Sos dan Yayuk Kusumawati, M.Pd. Tim Asesor melakukan kegiatan Visitasi mulai pukul 07.00 s.d 15.00 Wita.
Tim Asesor menemui Kepala TK dan Warga Taman Kanak~Kanak untuk menyampaikan tujuan Visitasi. Kemudian Tim Asesor membandingkan Data Instrumen Evaluasi Diri dengan kondisi nyata TK melalui pengamatan, observasi kelas, wawancara dan pencermatan ulang data pendukung serta pendalaman hal~hal khusus yang berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi.

Tim Asesor ditemani Kepala Kepala TK Tunas Bangsa Kecamatan Woja ~ Dompu Siti Syuriani, melakukan observasi kelas dengan melakukan penilaian apakah guru sudah menerapkan proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat. Selanjutnya, Tim Asesor melakukan pengamatan, wawancara, verifikasi dan validasi data ke perpustakaan serta sarana pendukung lainnya.

Tim Asesor PAUD dan PNF Nusa Tenggara Barat, Sailan, S.Sos menjelaskan semua Lembaga Pendidikan harus melalui proses ini, sehingga Akreditasi Visitasi bukan hal yang menakutkan akan tetapi merupakan tambahan pemicu melengkapi sebuah Lembaga Pendidikan agar lebih layak serta sangat berkualitas untuk menghasilkan Anak Didik yang bagus dan berintegritas mutu pendidikannya.
“Tentunya mengacu pada Standar Nasional Pendidikan,” tegasnya didampingi rekannya, Yayuk Kusumawati, M.Pd di sela-sela kunjungan.

Kepala UPT Dinas Dikpora Kecamatan Woja Anwar Damhuji, menyambut baik Visitasi Asesor PAUD dan PNF Nusa Tenggara Barat ini. Menurutnya, Akreditasi ini adalah bagian dari sebuah proses yang harus dijalani sebuah Lembaga Pendidikan agar bisa memiliki kompetensi dan standart mutu akademik untuk siswa.
“Dari Visitasi ini kita bisa mengetahui kekurangan~kekurangan yang harus diperbaiki agar sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional,” ucapnya saat mendampingi Tim Asesor Akreditasi.

Senada disampaikan Kepala TK Tunas Bangsa, Siti Syuriani. Pihaknya menegaskan siap divisitasi akreditasi sebagai wujud kesiapan di Bidang Pendidikan untuk mencetak Anak Didik yang berkualitas.
“Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas Pendidikan di sini,” tandasnya.

Salah satu Tenaga Pengajar/Guru TK Tunas Bangsa, Siti Wahidah, S.Pd menambahkan, kesiapan sebuah Lembaga Pendidikan harus diimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) para Pendidik/Guru dan Sarana Prasarana yang ada serta komunikasi dengan masyarakat sebagai wujud keberadaan Lembaga TK/PAUD yang berkualitas dan unggul berkompeten dalam menghasilkan anak didik.
“Sangat bagus, ini akan menjadikan Lembaga TK ini semakin lebih berkualitas,” ujar Wanita Energik yang merupakan Wanita Potensi Unggulan dari Kecamatan Woja ini.

Setelah melakukan verifikasi, Tim Asesor melakukan pertemuan dengan Warga Taman Kanak~Kanak. Pertemuan untuk mengklarifikasi berbagai temuan penting atau ketidaksesuaian yang sangat signifikan antara fakta dengan data evalusi diri. Hasil visitasi dapat menentukan format perhitungan/skoring untuk mendapatkan Peringkat Akreditasi.
Apakah memperoleh Peringkat A+, Peringkat A atau Peringkat B bahkan Peringkat C.

Ada 8 Komponen Akreditasi yang dievaluasi, yaitu: Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian.

Mengakhiri kegiatan Visitasi Akreditasi, Tim Asesor memberikan catatan pada setiap komponen, sehingga memiliki pengetahuan awal tentang kondisi dan kinerja Lembaga TK/PAUD yang telah divisitasi.    [Yd/DP3A Dpu]