Tim Verifikasi Kabupaten Kota Sehat Hadir di Bulungan

33

Tanjung Selor (kla.id) – Bupati Bulungan, H Sudjati, SH menyambut kedatangan Tim Verifikasi Kabupaten Kota Sehat (KKS) tingkat nasional dalam acara ramah tamah di rumah jabatan Bupati pada Senin malam (23/9).

Tim verifikator KKS tingkat nasional terdiri antara lain perwakilan dar Kementerian Kesehatan serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Bupati menjelaskan, di Kabupaten Bulungan telah terbentuk Forum Kabupaten Sehat dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa. Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3 AP2 KB) juga telah membentuk Forum Anak dan baru-baru ini mencanangkan Desa Gunung Seriang di Kecamatan Tanjung Selor sebagai Kampung KB Percontohan tingkat kabupaten.Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk dan dalam ruangan

“Masyarakat di desa yang hendak belajar Kampung KB tidak perlu lagi keluar daerah,” terangnya. Dilanjutkan, ada pula kegiatan Bank Sampah di Bulungan hasil kerjasama Pemkab dengan pihak Pegadaian Tanjung Selor untuk memilah serta mengelola sampah khususnya sampah plastik.

Seperti diketahui Kabupaten Bulungan dalam predikat Kabupaten Kota Sehat sudah mencapai tingkat Swasti Saba Wistara karena mampu memenuhi 5 tatanan.

“Mudah-mudahan nanti seluruh tatanan bisa terwujud di Kabupaten Bulungan,” imbuh Nugroho dari Kementerian Kesehatan bersama Evi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ada 7 tatanan KKS yaitu Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum, Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi, Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat, Kawasan Pariwisata Sehat, Ketahanan Pangan dan Gizi, Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri serta Kehidupan Sosial Yang Sehat.

Acara ramah tamah disertai foto bersama dan penyerahan plakat dari Pemkab Bulungan kepada Kementerian Kesehatan serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Pemkab Bulungan).