SELEKSI PESERTA PASKIBRAKA KOTA JAMBI 2020

151

Kota Jambi (kla.id)

Wali Kota Jambi Syarif Fasha membuka seleksi paskibraka Kota Jambi 2020, yang bertempat di Lapangan Tenis Diknas pada Senin, (9/3/2020).

Fasha mengatakan 2020 akan diadakan tahap seleksi dan juga akan ditentukan siapa-siapa saja yang terpilih dan mempunyai kesempatan untuk menaikkan dan menurunkan bendera pada saat 17 Agustus 2020 mendatang.

Mewakili Pemerintah Kota Jambi Fasha mengucapkan selamat kepada siswa siswi yang terpilih untuk mengikuti seleksi awal paskibraka.

“Karena untuk mengikuti seleksi awal, ada tahapan-tahapan dan persyaratan yang harus dipenuhi, kalau persaratan tersebut tidak terpenuhi, maka kalian tidak dapat ikut kegiatan seleksi awal paskibraka,” ucapnya.

Fasha juga mengatakan, seleksi paskibraka 2020 bersifat terbuka, dan dilaksanakan dengan jujur. Dirinya juga mengingatkan, kepada seluruh peserta seleksi Paskibraka 2020 agar menjaga fisik dan kesehatan karena seleksi ini akan banyak melatih fisik dan jasmani, serta untuk seluruh peserta seleksi tidak perlu khawatir, karena dirinya langsung ikut turun untuk menilai bersama dengan Kapolresta.

Sementara itu dalam sambutanya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jambi Moncar mengatakan, pembukaan calon Paskibraka yang langsung diadakannya tes fisik atau kesehatan, diantaranya, tensi, mata, golongan darah, tinggi badan serta berat badan yang dilakukan pada Senin, 9 Maret 2020 yang bertempat di Lapangan Tenis Dinas Pendidikan Kota Jambi.

“Pada 10 Maret hingga 11 Maret 2020, akan dilakukan kesemaptaan yang meliputi lari sit-up push-up serta praktek baris-berbaris yang berlokasi di Lapangan Mokadim 0415/bth,” ujarnya.

Kemudian pada 12 Maret 2020 akan dilakukan wawancara di antaranya, bela negara atau TNI, pengetahuan umum atau akademisi, wawasan kebangsaan atau jurnalis, kepramukaan atau Kwarcab, kepaskibrakaan atau PPI, yang berlokasi di Lapangan Mokadim 0415/bth.

Dikatakan Moncar, peserta yang mendaftar pada kegiatan seleksi calon Paskibraka tahun 2020 berjumlah 553, diantaranya 302 orang Putra, dan 251 Putri, yang akan lolos pada seleksi tersebut hanya 54 orang.

Untuk tim penguji seleksi Paskibraka diantaranya Kodim 0415 Batanghari, Dinas Kesehatan Kota Jambi, Anggota Purna Paskibraka Indonesia Kota Jambi, dan Dinas Pemuda serta Olahraga Kota Jambi.

Fasha mengatakan kedisiplinan para peserta adalah nilai utama saat proses seleksi.

“Syarat utama untuk proses selanjutnya, adalah evaluasi dan menyanyi lagu Mars Kota Jambi, apabila tidak hafal lagu Mars Kota Jambi, kepada panitia untuk dicoret peserta ini, dan jika dari awal sudah datang terlambat, maka itu hal yang sangat fatal bagi penilai dan bagi panitia “tegasnya.