4.268 KPM di Bulungan Terima Bantuan Pangan Non Tunai

31
Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan dalam ruangan

Tanjung Selor (kla.id) – Sebanyak 4.268 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Bulungan akan mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp110 ribu per bulan sebagai pengganti program Bansos Pangan Beras Sejahtera (Rastra). Transformasi dari Rastra ke BNNT telah berlangsung sejak 2017 dan diharapkan tuntas di tahun 2019.

Launching program BNNT di Kabupaten Bulungan berlangsung pada Selasa (29/10) di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bulungan, Drs Zainuddin, M.Si menjelaskan, BNNT disalurkan melalui BRI cabang Tanjung Selor dalam bentuk non tunai atau uang elektronik dengan syarat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Bantuan tersebut selanjutnya dapat digunakan berbelanja di warung khusus E-Warung (Elektronik Warung Gotong Royong) untuk memilih bahan pangan sesuai kebutuhan seperti beras dan telur.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang tersenyum, orang berdiri

“Adanya BPNT ini kita harapkan membantu mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan kebutuhan pangan,” sebutnya. Seperti diketahui, dalam program bantuan sosial sebelumnya, salah satu kekurangan yang masih sering ditemui yaitu bantuan yang diterima masyarakat kurang mampu ternyata dialihkan untuk keperluan lainnya. Maka melalui BPNT diharapkan dapat benar-benar memenuhi nutrisi Keluarga Penerima Manfaat. Bupati Bulungan, H Sudjati, SH dalam arahannya berharap, adanya BPNT selain meningkatkan ketahanan pangan di tingkat KPM juga dapat meningkatkan efisiensi penyaluran bantuan sosial.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, dalam ruangan

“Serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah melalui usaha mikro dan kecil di bidang perdagangan yang mendukung penyediaan pangan untuk program BPNT,” terang Bupati.