APRESIASI PEMERINTAH KABUPATEN DOMPU TERHADAP THROPY KLA PRATAMA DENGAN PENGHARGAAN KEPADA STAKEHOLDERS

134

Dompu~NTB Kla.id, Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) merupakan suatu Sistem Pembangunan Kabupaten/Kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya Pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak~hak anak.

Pemerintah Kabupaten Dompu telah berkomitmen untuk mewujudkan Dompu sebagai Kabupaten Layak Anak sejak Tahun 2013, dalam rentang waktu tersebut Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia pada Tahun 2019 ini menganugerahkan Thropy Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama kepada Bupati Dompu atas keperpihakan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus Anak di Kabupaten Dompu.

Thropy Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama, diterima langsung oleh Bupati Dompu dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Hotel Fourpoint by Sheraton, Kota Makassar Sulawesi Selatan, Tanggal 23 Juli 2019.
Penghargaan Thropy tersebut merupakan suatu bentuk apresiasi Pemerintah Pusat terhadap Komitmen Pemerintah Kabupaten Dompu dalam mewujudkan Kabupaten Dompu yang Layak Anak dengan Tujuan akhir Indonesia Layak Anak (IDOLA).

Penghargaan tersebut tidak didapat dengan begitu saja, ini merupakan suatu Sinergitas semua elemen di Pemerintah Kabupaten Dompu dalam rangka mewujudkan Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak agar dapat tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi dalam pembangunan karena anak merupakan generasi emas sebagai penerus cita~cita Bangsa dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.
Serangkaian Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Dompu (28/08~2019) Bupati Dompu memberikan Apresiasi kepada Stakeholders Terkait dalam meraih Thropy KLA Tingkat Pratama tersebut memberikan Piagam Penghargaan.

Stakeholders yang menerima Penghargaan dari Bupati Dompu atas nama Pemerintah Kabupaten Dompu, yakni ;
1) Pengadilan Negeri Dompu;


2) Kejaksaan Negeri Dompu;


3) Kepoisian Resort Dompu;


4) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Dompu;


5) Dinas Pendidikan, Pemuda da Olahraga Kabupaten Dompu;


6) Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu;


7) Dinas Sosial Kabupaten Dompu;


8) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dompu;


9) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu;


10) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Dompu;


11) Dinas Perhubungan Kabupaten Dompu;


12) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dompu;


13) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Dompu;


14) Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu;


15) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu;


16) Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Dompu;


17) Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Dompu;


18) Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Dompu;


19) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Dompu;


20) Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Dompu;


21) Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu;


22) Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu;


23) Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu;


24) Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu;


25) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu;


26) UPTD Layanan Dikmen dan PK~PLK Dompu;


27) TP. PKK Kabupaten Dompu;


28) LPA Kabupaten Dompu;


29) PWI Kabupaten Dompu;


30) Forum Anak Kabupaten Dompu;


31) UPTD Puskesmas Dompu Kota;


32) UPTD Puskesmas Dompu Barat;


33) Kecamatan Dompu;


34) Kecamatan Woja;


35) Kelurahan Dorotangga;


36) Desa Wawonduru;


37) SMA Negeri 1 Dompu;


38) SMK Negeri 1 Dompu;


39) MTs Negeri 1 Dompu;


40) SD Negeri 7 Woja;


41) TK Kamala Bhayangkari Dompu;


42) TK IT Al~Hilmi Dompu; dan


44) Koran Metro Dompu (Media Lokal Dompu)

Bupati Dompu yang akrab disapa HBY dan merupakan Professor Jagung pada saat yang sama menyampaikan beberapa hal “Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kabupaten Dompu hari ini juga merupakan suatu momentum yang mengemban visi dan misi yang penting, strategis dan monumental dalam upaya meningkatkan hak asasi dan kehormatan terhadap anak~anak di Indonesia, khususnya di Kabupaten Dompu serta meningkatkan seluruh kesadaran seluruh komponen masyarakat bahwa anak merupakan generasi penerus cita~cita perjuangan bangsa, sehingga Hari Anak Nasional (HAN) Tahun ini mengambil Tema “Kita Anak Indonesia, Kita Gembira !”.
Oleh sebab itu, anak~anak perlu dibekali dengan keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa”.

“Oleh sebab itu, anak~anak perlu dibekali dengan keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Dengan demikian, kita dapat mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, tangguh dan mandiri serta dapat menguasai Ilmu Pengetahuan dan tekhnologi sebagaimana yang kita harapkan” lanjut paparan HBY.   [Yd/DP3A Dpu]