Ayo Jadi Milenial Sadar Gizi

109

Tanjung Selor (kla.id) – Dalam rangka memperingati hari gizi ke 60 di Provinsi Kalimantan Utara, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara bekerja sama dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kalimantan Utara mengadakan kegiatan lomba tari jingle gizi seimbang untuk tingkat TK/PAUD dan menyusun porsi isi piringku untuk tingkat SD (15/02/2020). Acara yang dihelat di Gedung Wanita Tanjung Selor mengambil tema “Gizi Optimal untuk Generasi Milenial” dengan slogan “Ayo Jadi Milenial Sadar Gizi” tersebut pun turut dihadiri oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. H. Syaiful Herman, M.AP.

Ketua Panitia Kegiatan Peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 Tingkat Provinsi Kalimantan Utara, Lukas Sarapang, S.Si.Apt mengatakan kegiatan ini untuk memperkenalkan sejak dini gizi seimbang pada anak, agar kedepannya mereka bisa mengerti dan memahami pentingnya gizi seimbang untuk mencegah gizi kurang, stunting dan kelebihan gizi.

Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Utara yang disampaikan oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Gubernur menghimbau kepada semua pihak terkait agar bisa saling bersinergi untuk mengurangi jumlah anak stunting dan gizi kurang yang ada.

Adapun Tujuan Peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 tahun 2020 ini adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan peran aktif masyarakat khususnya generasi milenial tentang kesehatan dan gizi.
  2. Menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi yang optimal dalam pembangunan SDM yang berkualitas.
  3. Meningkatkan peran media massa dalam kampanye gizi remaja sebagai salah satu upaya penanggulangan stunting.
  4. Meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah baik sektor kesehatan maupun non kesehatan ditingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam kesehatan dan gizi.

Untuk lomba tari jingle gizi seimbang diikuti oleh 22 TK/PAUD dan lomba menyusun porsi isi piringku diikuti oleh 13 sekolah. Adapun pemenang tari jingle gizi seimbang masing-masing diraih oleh TK Pembina, TK Tunas Rimba, TK Buddhis Paramitha dan TK Kemala Bhayangkari. Sedangkan pemenang lomba menyusun porsi isi piringku diraih oleh SDN 001 Tanjung Selor, SD Muhammadiyah Tanjung Selor, SDN 010 Tanjung Selor, dan SDN 002 Tanjung Selor.

(Neni)