Bimtek Rencana Aksi Daerah Menuju Kabupaten Layak anak Merupakan Wujud dari Komitmen Bupati Takalar

744

Takalar (kla. Id)

Bimbingan Teknis Rencana Penyusunan Aksi Daerah Kabupaten Layak anak, yang dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Februari 2018 di Ruang Rapat Bupati Takalar. yang di hadiri Oleh Bupati Takalar Syamsari, S. Pt., MM Bersama 40 OPD dan unit kerja terkait, Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Takalar, Ketua Dharma wanita Kab.Takalar, Kepala Bapeda sebagai Ketua Gugus Tugas KLA dan Koalisi Perempuan Kab.Takalar yang juga di Hadiri Oleh Kepala Dinas PPPA Provinsi Sulawesi Selatan, Hj.Andi Murluna PA,S.Sos, Kepala Bidang PHPA, Nur Anti, SE,MT beserta Tim Bidang PHPA .

Dalam Sambutannya Bupati Takalar menyatakan besarnya presentase anak ini memerlukan kebijakan dan penanganan secara khusus agar penanganannya tepat sasaran dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Pemerintah Kab. Takalar telah menunjukkan komitmennya untuk menjunjung tinggi hak anak melalui program yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan kemudian diimplementasikan melalui penetapan Gugus Tugas Kab. Layak Anak.Bupati takalar juga menyatakan  kita sudah berkomitmen untuk menjadikan Takalar menuju Kabupaten Layak Anak dan kegiatan ini merupakan wujud dari pernyataan komitmen Pemerintah Kab.Takalar dengan melakukan kegiatan-kegiatan untuk menuju KLA termasuk kegiatan BImtek RAD KLA yang kita laksanakan. Bupati takalar menekankan semua OPD berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan program sesuai tugas dan fungsi masing-maasing untuk membawa takalar menuju Kabupaten Layak Anak.

Kegiatan yang di buka oleh Sekertaris Daerah Kab. Takalar DR. Nirwan Nasrullah, M. Si. Salah satu bentuk keseriusan kabupaten Takalar untuk mengembangkan Kabupaten Layak anak. Bimbingan tehnis Rencana Aksi Daerah Kabupaten Takalar berjalan sangat alot dengan keseriusan Ibu Bupati Takalar sebagai Ketua Penggerka PKK dan Ibu Sekda sebagai Ketua Dharma Wanita Kab.Takalar yang mengikuti Bimtek ini sampai selesai

Bimtek RAD KLA yang dilaksanakan menghasilkan Rencana Aksi Daerah Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2019 dari semua OPD di Kabupaten Takalar yang dirangkum dalam Rencana Aksi Daerah KLA Kab.Takalar tahun 2019. RAD inilah yang akan dijadikan acuan dalam pelaksanaan kegiatan dalam upaya menjadikan Takalar terkait anak dimasing-masing OPD tahun 2019 berdasarkan masalah yang ada di Kabupaten Takalar (Hasil evaluasi KLA tahun 2017).
Bimtek RAD KLA ini bertujuan untuk menyusun Rencana Aksi Daerah yang mengacu pada masalah yang ada di Kab.Takalar dan Hasil Evaluasi KLA 2017 dimana semua OPD menyusun RAD nya masing-masing untuk nantinya akan dirangkum menjadi Dokumen RAD KLA Kab.Takalar tahun 2019.
Beberapa usulan dalam RAD yang perlu mendapatkan perhatian Pemerintah Daerah adalah Penyedaiaan Layanan P2TP2A dimana angka kekerasan dan penelantaran anak di kab.takalar cukup tinggi, Pembentukan Forum anak Desa / kelurahan , Pelaksanaan Musrenbang Anak Kabupaetn TAklar sebagai wujud partisipasi anak, Program RASS (Rute Aman dan Selamat dari dan ke sekolah), Pembinaan Sekolah Ramah Anak, Pelayanan Kesehatan Ramah Anak, Pendirian PAUD-HI hal ini merupakan ide dari Bapak Bupati Takalar untuk mengadakan PAUD-HI di semua mesjid yang ada di Kab.Takalar , Ruang bermain Ramah Anak, Taman Baca dan usulan lainnya sesuai Tugas dan fungsi OPD masing-masing .


Kepala Dinas PPPA Provinsi Sulawesi Selatan sebagai narasumber pada acara tersebut yakin Kabupaten Takalar mampu melakukan yang terbaik untuk menuju kabupaten layak anak . Sementara itu Rosnaidar, Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Perempuan dan Anak Kab.Takalar berharap agar Bimtek RAD KLA ini menghasilkan RAD KLA Kab.Takalar tahun 2019 dapat diakomodir sehingga dapat dilaksanakan pada tahun 2019 dengan prinsip melakukan yang terbaik bagi anak-anak kita di Kabupaten Takalar