Bulungan Luncurkan Gerakan Makan Ikan pada Anak Usia Dini

92

Tanjung Selor (kla.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan meluncurkan gerakan makan ikan khususnya dimulai dari anak-anak usia dini, dengan mengusung tema, Budayakan Makan ikan sedini mungkin untuk mencegah stunting, yang digelar di Taman Tepian Sungai Kayan, Jumat (6/12/19).

Mewakili Bupati Bulungan H.Sudjati, SH, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitan dan Pegembangan (Bappeda-Litbang), M.Isnaini menjelaskan melalui gerakan tersebut diharap dapat menghapus mitos bahwa banyak makan ikan akan menyebabkan jadi cacingan.Gambar mungkin berisi: 12 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan luar ruangan

“Ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat baik untuk pertumbuhan sel-sel tubuh manusia utamanya untuk perkembangan sel-sel otak yang dimulai saat janin, balita sampai usia dewasa karena ikan kaya akan asam lemak omega 3, vitamin dan berbagai mineral,” jelasnya.

Ia melanjutkan, protein ikan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta  dapat mencegah serangan penyakit seperti jantung koroner resiko, tekanan darah tinggi, stroke dan kanker.

“Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan 3 kali dalam seminggu akan mengurangi resiko stroke sebesar 6 persen,” ungkapnya.

Oleh sebab itu ia katakan, pentingnya makan ikan untuk pertumbuhan tubuh terutama untuk anak dalam masa pertumbuhan. Melalui kegiatan tersebut pula dimaksudkan agar semakin banyak warga yang memakan ikan, akan berkontribusi positif bagi petani ikan atau nelayan.

“Apalagi jika gerakan itu diimbangi dengan peningkatan program pemberdayaan dan
perlindungan kepada petani ikan maupun nelayan,” jelasnya.Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang tersenyum

Kemudian lanjutnya, pembangunan di sektor perikanan harus dapat mendukung upaya peningkatan kehidupan dan kesejahteraan nelayan pembudidaya dan pengolahan ikan sebagai bagian dari upaya mensukseskan program nasional yaitu mengurangi angka kemiskinan, menciptakan kesempatan kerja dan berusaha, meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi.

“Dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan,” jelasnya.

Untuk itu ia juga berharap kiranya program tersebut akan dapat meningkatkan konsumsi ikan dengan cara menyediakan produk olahan ikan yang disukai oleh anak-anak dengan harga yang terjangkau.Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang berdiri dan anak

“Saya juga mengajak kepada kita semua untuk setiap hari mengkonsumsi ikan agar tubuh lebih sehat dan sejahtera,” imbuhnya.

“Sehingga juga berdampak pada meningkatnya tingkat konsumsi ikan serta mensejahterakan masyarakat petani ikan dan nelayan,” sambungnya.

Terlepas dari itu ia atas nama Pemerintah Kabupaten Bulungan berterima kasih dan mengucapkan serta menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya, atas dilaksanakannya kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya asupan makanan yang baik dan bergizi.

“Khususnya untuk anak-anak,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)