BUPATI DOMPU, PERINGATI HAN 2019 TINGKAT KABUPATEN DOMPU “SEHARI BERSAMA ANAK DOMPU”

118

Dompu~NTB Kla.id, Setiap anak memiliki hak memperoleh pendidikan yang layak, maka itu setiap anak harus belajar memiliki mental yang tangguh, memiliki daya juang yang tinggi, tidak sombong saat menjadi juara dan tidak lemah dikala belum menjadi pemenang.

Hal itu disampaikan Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin pada saat menghadiri acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2019 dan menggelar berbagai Permainan Tradisional dalam menyambut Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 di Lapangan Beringin depan Pendopo Bupati, Kabupaten Dompu, Rabu (28/08~2019).

Selain Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin, hadir juga Ketua TP PKK/selaku Bunda PAUD UMI ERY, Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Kepala OPD, Camat, Bunda PAUD Kecamatan, Guru dan ribuan Siswa~Siswi TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SLB dan SMA/SMK/MA se~Kabupaten Dompu.

Kegiatan ini sambung HBY, adalah salah satu bentuk tanggung jawab Pemerintah dalam pemenuhan hak anak seiring dengan penganugerahan status Kabupaten Layak Anak (KLA) oleh Pemerintah Pusat pada Tahun ini Kabupaten Dompu berhasil memboyong Thropy KLA Tingkat Pratama terutama hak anak untuk memperoleh pendidikan.

Disamping itu, Bupati Dompu sangat mengapresiasi berbagai rangkaian kegiatan Permainan Tradisional yang digelar, sebab selain mengasah kemampuan anak, kegiatan ini juga memotivasi anak agar selalu berani berkompetisi dan menjadi pewaris nilai luhur bangsa maupun daerah.
Saya berharap anak~anak ini nantinya akan menjadi insan yang cerdas, berkarakter, bertekad kuat untuk maju dan selalu berjuang demi bangsa dan negaranya serta kepada para Pendidik baik Kepala Sekolah, Guru maupun Tenaga Pendamping Sekolah agar terus semangat dan pantang menyerah dalam mendidik anak~anak yang merupakan salah satu aset sebagai penerus kita bagi kemajuan Kabupaten Dompu kedepannya”, harap HBY.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati, SE.,M.Si meyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar~besarnya kepada semua pihak yang telah berperan terutama para Guru, orang tua, siswa serta seluruh stakeholder terkait lainnya sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses.
Dikatakan Umi Yat kegiatan ini dilakukan sebagai upaya membangun kualitas manusia yang unggul, inovatif dan handal dimulai dari tingkat PAUD dan TK.

Kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Dompu ini juga dirangkai dengan berbagai bentuk jenis Permainan anak Tradisional dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 yang dimaknai sebagai sebuah apresiasi atas kesungguhan para Peserta Didik TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SLB dan SMA/SMK/MA serta para guru yang telah berjuang membangun individu yang berkualitas guna mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Sebelum Umi Yat berharap kiranya kegiatan ini dapat menjadi instrumen untuk melihat ketercapaian tujuan pendidikan dan menjadi jembatan untuk menghantarkan anak didik ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Dompu kali ini digelar berbagai jenis dan bentuk Permainan Tradisional, yakni (1) Permainan Petak Umpet; (2) Permainan Dakon/Kajuji; (3) Permainan Lompat Tali; (4) Permainan Engklek/Gopa; (5) Permainan Ular Naga; (6) Permainan Kelereng; (7) Permainan Hulahop; (8) Permainan Lompat Karet; (9) Permainan Dorong Ban; (10) Permainan Ular Tangga; dan (11) Permainan Pletokan/Mpa’a Bedi.

Dalam Laporannya Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu Hj. Daryati Kustilawati, SE.,M.si mengucapkan terima kasih kepada semu pihak atas terselenggarannya Peringatan HAN Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2019 ini.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh komponen Bangsa Indonesia, yaitu Negara, Pemerintah, Masyarakat, Keluarga dan Orang Tua bersama~sama mewujudkan kesejahteraan anak dengan menghormati hak~hak dan memberikan jaminan terhadap pemenuhannya tanpa perlakuan diskriminatif.

“Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Dompu hari ini juga merupakan suatu momentum yang mengemban visi dan misi penting, strategis dan monumental dalam upaya menegakkan hak asasi dan kehormatan terhadap anak~anak di Indonesia, khususnya di Kabupaten Dompu serta meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat bahwa anak merupakan generasi penerus cita~cita perjuangan bangsa,” ungkap Umi Yat.

Umi Yat melanjutkan “Pemerintah Kabupaten Dompu beberapa waktu yang lalu telah menerima Thropy Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratamaa yang diterima oleh Bapak Bupati Dompu dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional Tanggal 23 Juli 2019 di Hotel Fourpoint by Sheraton Kota Makassar Sulawesi Selatan. Penghargaan Thropy tersebut merupakan suatu bentuk apresiasi Pemerintah Pusat terhadap komitmen Pemerintah Kabupaten Dompu dalam mewujudkan Kabupaten Dompu yang Layak Anak dengan tujuan akhir Indonesia Layak Anak (IDOLA)”

“Penghargaan tersebut tidak didapat begitu saja, ini merupakan suatu sinergitas semua elemen di Pemerintah Kabupaten Dompu dalam rangka mewujudkan Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak agar dapat tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi dalam pembangunan, karena anak merupakan generasi emas sebagai penerus cita~cita bangsa dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, sehingga Peringatan HAN Tingkat Kabupaten Dompu tahun ini mengambil Tema Kecil Sehari Bersama Anak” lanjut Umi Yat.

Acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Dompu juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan antraksi sebagai berikut : 1) Flashmob dari Forum Anak Dompu; 2) Senam Anak Indonesia Ceria dari Gabungan Anak TK/PAUD se~Kabupaten Dompu; 3) Dzikir Pagi persembahan dari Siswa/Siswi TK IT Al~Hilmi Dompu; 4) Pembacaan Suara Anak oleh Forum Anak Dompu; 5) Persembahan Cerita “Lagolo” oleh Siswi SD Negeri 1 Dompu (Nadin Chantika); 6) Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Dinas/Instansi yang telah mendukung Kabupaten Dompu meraih Thropy KLA Tingkat Pratama; 7) Tarian Juki Jara oleh Siswa SLB Negeri 1 Dompu; 8) Penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA); 9) Persembahan Tarian Wura Bongi Monca dari Siswa/Siswi TK Kamala Bhayangkari Dompu; 10) Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Pemera Bupati Sehari (Baiq Nuri Khairati Sholihah); 11) Dialog Anak Dompu bersama Bupati Dompu; dan (Kegiatan Bazar dari Siswa/Siswi SMK Negeri 1 Dompu).  [Yd/DP3A Dpu]