BUPATI DOMPU TERIMA PENGHARGAAN KABUPATEN LAYAK ANAK

129

Dompu~NTB Kla.id, Loyalitas dan totalitas Pemerintah Kabupaten Dompu terhadap Program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia “Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA)” Tahun 2019 telah mendapatkan keistimewaan dari Pemerintah Pusat dalam bentuk Pemberian Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama yang berlangsung pada Selasa (23/07~2019) di Hotel Four Points Makassar Sulawesi Selatan, dalam rangkaian  Kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019.
Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia kepada Kepala Daerah yang telah menyelenggarakan Kebijakan, Program dan Kegiatan dalam upaya Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak dalam bentuk Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA)”

Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Dompu DRS. H. BAMBANG M. YASIN dan diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Prof. DR. YOHANA SUSANA YAMBISE. Kehadiran Bupati didampingi oleh Kepala Dinas PPPA Kabupaten Dompu HJ. DARYATI KUSTILAWATI, SE.,M.Si

Atas penghargaan tersebut Bupati berharap dapat menjadi titik awal suksesnya Program PPPA di Kabupaten Dompu dalam mendukung Kabupaten/Kota Layak Anak.
“Selamat untuk kita semua khususnya Kepala Dinas PPPA beserta Jajarannya yang telah dapat memberikan kita Trophy Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama” Ungkap H. BAMBANG.

Untuk diketahui, di Provinsi NTB ada 4 Kabupaten/Kota yang meraih Penghargaan yang sama, yakni Kota Mataram (Nindya), Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kabupaten Lombok Barat (Pratama).
“Satu kebanggaan bagi kita, meski ini adalah momen perdana Kabupaten Dompu terlibat di dalamnya tapi langsung mendapatkan penghargaan Tingkat Pratama” ungkap Kepala Dinas PPPA UMI YAT.

Sebelumnya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia bekerjasama dengan Tim Independen telah melaksanakan Evaluasi Pelaksanaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2019 di Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi serta Pemerintak Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.
Tahapan Evaluasi yang dilakukan oleh Tim Independen Kementerian PPA~RI dilalui dalam 4 tahapan, yakni Penilaian Mandiri (PM), Verifikasi Administrasi (VA), Verifikasi Lapangan (VL) dan Penilaian Lapangan (PL).


dari Hasil Tahapan Penilaian tercatat 247 Kabupaten/Kota di Tahun 2019 yang mendapat Penghargaan yang dibagi dalam 5 Tingkatan; Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA. [Yd/DP3A Dpu]