BUPATI HBY SERAHKAN PENGHARGAAN KEPADA PEMERAN BUPATI SEHARI “KHAIRATI”

116

Dompu~NTB Kla.id, Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2019 (28/08~2019) dilaksanakan di Lapangan Beringin depan Pendopo Bupati Dompu.
Peringatan HAN Kabupaten Dompu meriah karena diisi dengan berbagai jenis Permainan Tradisional, antara lain (1) Permainan Petak Umpet; (2) Permainan Dakon/Kajuji; (3) Permainan lompat Tali; (4) Permainan Engklek/Gopa; (5) Permainan Ular Naga; (6) Permainan Kalereng; (7) Permainan Hulahop; (8) Permainan Lompat Karet; (9) Permainan Dorong Ban; (10) Permainan Ular Tangga; dan (11) Permainan Pletokan/Mpa’a Bedi.

Rangkaian kegiatan peringatan HAN Tingkat Kabupaten Dompu diisi dengan berbagai bentuk Acara, yakni 1) Flashmod Hari Anak Nasional (Forum Anak Dompu); 2) Senam Anak Indonesia Ceria (Gabungan Siswa/Siswi TK/PAUD Dompu); 3) Dzikir Pagi (Siswa/Siswi TK IT Al~Hilmi Dompu); 4) Pembacaan Ayat Suci Al~Qur’an (Siswa MTsN 1 Dompu); 5) Menyanyikan Lagu Indonesia Raya; 6) Do’a (Siswa SD IT Al~Hilmi Dompu); 7) Laporan Kepala Dinas PPPA Kabupaten Dompu; 8) Pembacaan Suara Anak (Forum Anak Dompu); 9) Persembahan Cerita Lagolo (Siswi SDN 1 Dompu); 10) Penyerahan Piagam Penghargaan KLA Tingkat Pratama; 11) Persembahan Tarian Juki Jara (Siswa SLBN 1 Dompu); 12) Penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA); 13) Persembahan Tarian Wura Bongi Monca (Siswi~Siswi TK Kamala Bhayangkari Dompu); 14) Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Pemeran Bupati Sehari; dan 15) Dialog Anak bersama Bapak Bupati Dompu.

Yang menarik dari rangkaian kegiatan Peringatan HAN Kabupaten Dompu 2019 ini Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin yang biasa disapa HBY yang didampingi oleh Unsur Forkompinda dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Kabupaten Dompu menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Baiq Nuri Khairati Sholihah, yang memerankan Bupati Sehari yang dilaksanakan Tanggal 26/08~2019.
Penyerahan Piagam Penghargaan ini diberikan langsung oleh Bupati Dompu HBY yang diterima langsung oleh Khairati yang merupakan Siswi Kelas XI~IPA.3 SMA Negeri 1 Dompu.
Bupati HBY tidak saja memberikan penghargaan kepada Pemeran Bupati Sehari saja, melainkan memberikan juga kepada Pemeran Ajudan Bupati Sehai kepada Cinta Ridha Syasmitha Siswi Kelas X~IPA.1 dan Ahmad Fauzan Siswa Kelas XI~IPA.1 sama~sama dari SMA Negeri 1 Dompu.

“Kita boleh tidak punya uang, kita boleh saja tidak punya fasilitas, tapi kalau kita punya semangat dan motivasi maka cita~cita bisa tercapai,” ujar Bupati HBY memberi semangat.

Bupati yang akrab disapa Profesor Jagung itu mengatakan, menjadi Bupati Sehari adalah cara memotivasi anak. Baginya, anak~anak inilah generasi pemimpin masa depan.
“mereka harus punya semangat. Karena secara alamiah pergantian bupati itu dilakukan berdasarkan periode, maupun usia.” imbuhnya.

Setiap anak memiliki hak memperoleh pendidikan yang layak, maka itu setiap anak harus belajar memiliki mental yang tangguh, memiliki daya juang yang tinggi, tidak sombong saat menjadi juara dan tidak lemah dikala belum menjadi pemenang.
Hal itu disampaikan Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin pada saat menghadiri acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2019 dan menggelar berbagai Permainan Tradisional dalam menyambut Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 di Lapangan Beringin depan Pendopo Bupati, Kabupaten Dompu, Rabu (28/08~2019).

Disamping itu, Bupati Dompu sangat mengapresiasi berbagai rangkaian kegiatan Permainan Tradisional yang digelar, sebab selain mengasah kemampuan anak, kegiatan ini juga memotivasi anak agar selalu berani berkompetisi dan menjadi pewaris nilai luhur bangsa maupun daerah.
“Saya berharap anak~anak ini nantinya akan menjadi insan yang cerdas, berkarakter, bertekad kuat untuk maju dan selalu berjuang demi bangsa dan negaranya serta kepada para Pendidik baik Kepala Sekolah, Guru maupun Tenaga Pendamping Sekolah agar terus semangat dan pantang menyerah dalam mendidik anak~anak yang merupakan salah satu aset sebagai penerus kita bagi kemajuan Kabupaten Dompu kedepannya”, harap HBY.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati, SE.,M.Si meyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar~besarnya kepada semua pihak yang telah berperan terutama para Guru, orang tua, siswa serta seluruh stakeholder terkait lainnya sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses.
Dikatakan Umi Yat kegiatan ini dilakukan sebagai upaya membangun kualitas manusia yang unggul, inovatif dan handal dimulai dari tingkat PAUD dan TK.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh komponen Bangsa Indonesia, yaitu Negara, Pemerintah, Masyarakat, Keluarga dan Orang Tua bersama~sama mewujudkan kesejahteraan anak dengan menghormati hak~hak dan memberikan jaminan terhadap pemenuhannya tanpa perlakuan diskriminatif.
“Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Dompu hari ini juga merupakan suatu momentum yang mengemban visi dan misi penting, strategis dan monumental dalam upaya menegakkan hak asasi dan kehormatan terhadap anak~anak di Indonesia, khususnya di Kabupaten Dompu serta meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat bahwa anak merupakan generasi penerus cita~cita perjuangan bangsa,” ungkap Umi Yat selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu.

Umi Yat melanjutkan “Pemerintah Kabupaten Dompu beberapa waktu yang lalu telah menerima Thropy Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratamaa yang diterima oleh Bapak Bupati Dompu dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional Tanggal 23 Juli 2019 di Hotel Fourpoint by Sheraton Kota Makassar Sulawesi Selatan. Penghargaan Thropy tersebut merupakan suatu bentuk apresiasi Pemerintah Pusat terhadap komitmen Pemerintah Kabupaten Dompu dalam mewujudkan Kabupaten Dompu yang Layak Anak dengan tujuan akhir Indonesia Layak Anak (IDOLA)”
“Penghargaan tersebut tidak didapat begitu saja, ini merupakan suatu sinergitas semua elemen di Pemerintah Kabupaten Dompu dalam rangka mewujudkan Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak agar dapat tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi dalam pembangunan, karena anak merupakan generasi emas sebagai penerus cita~cita bangsa dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, sehingga Peringatan HAN Tingkat Kabupaten Dompu tahun ini mengambil Tema Kecil Sehari Bersama Anak” lanjut Umi Yat.  [Yd/DP3A Dpu]