Bupati Imbau Agar Generasi Muda Tak Terpengaruh Budaya Asing

84

TANJUNG SELOR (kla.id) – Sebagai generasi muda, tentunya hal yang mendasar yang perlu untuk dijaga adalah budaya bangsa, khususnya budaya-budaya yang ada di Kalimantan Utara ditengah peradaban dunia saat ini untuk tidak pudar.

Oleh karenanya Bupati Bulungan H.Sudjati, SH mengimbau agar generasi muda untuk terus melestarikan warisan  adat dan budaya yang ada di Kalimantan Utara, khususnya di Kabupaten Bulungan, sehingga menggugah semangat para pemuda untuk mencintai budaya sendiri.

“Jangan mudah terpengaruh pada budaya asing,” ungkapnya saat menghadiri Malam Budaya yang diselenggarakan di Kampus Unikaltar, Senin malam (19/3).

Lebih jauh ia katakan kegiatan yang sudah dilaksanakan tersebut tentunya sangat positif dalam upaya pencegahan agar nilai-nilai budaya yang ada tidak mudah luntur dan dapat terus dilestarikan.

“Hal ini sejalan, dengan Pasal 32 Ayat 1 Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi, negara memajukan kebudayaan nasional di tengah-tengah peradaban dunia, dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya,” jelasnya.

Bupati menyebutkan bahwa adapun kegiatan yang dilaksanakan tersebut juga diharapkan mampu mentranspormasi berbagai nilai yang terkandung di dalamnya, untuk kehidupan yang lebih baik.

“Terutama bagi generasi muda agar tidak terpengaruh ke dalam budaya asing yang bernilai negatif. Sehingga akan melahirkan generasi muda  yang berjiwa seni dan berkepribadian yang baik,” bebernya.

Ia melanjutkan sebagai bagian dari upaya pembinaan dan pelestarian budaya daerah, kita semua menyadari betapa pentingnya makna kebudayaan dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa, khususnya jati diri agar tidak tergerus oleh derasnya arus globalisasi dan modernisasi.

“Kesadaran untuk terus-menerus mengembangkan dan melestarikan seni budaya daerah, pada hakikatnya bukan hanya tanggungjawab satu pihak,  melainkan tanggungjawab bersama, baik seniman, budayawan, masyarakat maupun pemerintah,” tuturnya.

Untuk itu ia juga berharap agar malam budaya yang dilaksanakan tersebut mampu memotivasi khususnya para seniman, budayawan, pemerhati, dan organisasi-organisasi kesenian untuk terus dan terus mengembangkan kreasi dan inovasi sekaligus mengaktualisasikan diri melalui aktivitas, dan prestasi seni.

“Pada kesempatan ini, saya juga menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Bulungan, untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan industri pariwisata daerah,” jelasnya.

Disampaikannya keberhasilan pembangunan di bidang ini, sangat mungkin untuk diraih, karena wilayah di Kalimantan Utara, termasuk di dalamnya Kabupaten Bulungan selain memiliki keanekaragaman budaya etnik juga mempunyai berbagai potensi objek wisata. (MC Bulungan/slu)