Bupati Pangkep Resmikan Pojok Bermain Anak di RSUD

623

(Pangkep Kla.id)Keberadaan  Pojok Bermain anak di Rumah Sakit Umum daerah Pangkep diresmikan oleh Bupati Pangkep ,Kamis (24/5/ 2018)  yang dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama yang dihadiri oleh beberapa Pimpinan OPD. RSUD Pangkep  dalam me­n­jalankan fungsinya utamanya  memberikan pelayanan di bidang kesehatan sudah menunjukkan kepedulian  terhadap pemenuhan, per­lin­dungan dan penghargaan atas hak-hak anak, berdasarkan empat prinsip Konvensi Hak Anak anak yaitu non diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hak untuk hidup, dan partisipasi anak.

Di Rumah Sakit Umum Daerah Pangkep  ini disediakan Pojok bermain anak dan alat permainan anak yang bisa digunakan anak-anak sa­m­bil menunggu giliran men­dapat pelayanan . Ru­angan­nya juga ditata dengan pos­ter pajangan yang warna warni membuat anak betah  dan nyaman bermain dengan tetap memperhatikan tata tertib pojok bermain bagi pengunjung agar bisa memilih permainan sesuai dengan usianya.

Didamping Direktur RSUD,  Bupati Pangkep “Syamsuddin A.Hamid yang menggunting pita Pojok bermain anak di RSUD Pangkep menyampaikan bahwa adanya pojok bermain anak merupakan bukti nyata kenyamanan anak saat berada di fasilitas kesehatan apalagi orang dewasa karena telah disiapkan juga pojok laktasi juga bagi ibu-ibu  .  Rumah  Sakit Umum Daerah Pangkep (RSUD) Pangkep sudah  mengupayakan mem­beri kontribusi yang mak­simal dalam mem­be­rikan layanan kepada mas­yarakat khususnya pelayanan kesehatan yang ramah anak.ungkapnya.

Menurut kepala Bidang Perencanaan  RSUD Pangkep Ibu Hj.Tenriani Djafar bahwa pojok bermain  dan ruang laktasi itu tujuannya  untuk memperbaiki mutu dan kualitas  pelayanan  kesehatan baik sarana dan prasarana dimata masyarakat. Salah satu strategi yang dilakukan adalah  men­ye­diakan ruangan yang nya­man bagi warga dan anak  bisa bermain sambil menunggu pelayanan agar tidak cepat bosan , serta  memberikan ruang privasi bagi ibu yang akan memberikan ASI kepada bayinya.

Menyiapakan ruang yang aman dan nyaman bagi anak itu butuh proses dan kesabaran karena harus mempersiakan lokasi dulu,   ruangannya  terbuka dan jauh dari kamar perawatan sehingga membutuhkan waktu ,energy, fikiran  dan  harus pintar melihat peluang yang ada  karena alat bermain yang ada itu sebagian merupakan bantuan dari CSR Bank Bukopin,  Partisipasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Pangkep dan atas inisiatif RSUD sendiri sehingga anak anak juga bermain sambil belajar karena disiapkan juga saran edukasi Hal tersebut  disampaikan oleh  kepala Seksi Keperawatan “ Naomi Malaha “  dengan  begitu citra rumah sakit dimata masyarakat akan lebih baik dalam memberikan pelayanan kesehatan.