Cegah TRIAD KRR, Kabupaten Bulungan Launching Inovasi BINAR EMAS CINTA

38

Tanjung Selor (kla.id) – Pemerintah Bulungan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan,Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) kembali mengagas inovasi baru. Inovasi tersebut adalah BINAR EMAS CINTA. Kegiatan ini dilaksanakan di SD 006 Tanjung Selor Kamis (21/11/19).
Turut hadir dalam kegiatan ini, kepala Dinas PPPAPPKB, Kementrian Agama, Dinas Kesehatan, Ketuan TP PKK Kabupaten Bulungan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Sekolah dan Pendidiik (Guru) SD Negeri 006, Orang Tua/Wali Murid dan Generasi Berencana.
Dijelaskna Bupati Bulungan H. Sudjati, BINAR EMAS CINTA merupakan singkatan dari BINa keluArga REmaja MAsuk sekolah dengan kontrol CINTA (Cerdas, Inspiratif, telateN, Tulus dan Ayomi) yang diinisiasi oleh dinas PPPAPPKB. Untuk itu ia juga sangat mengapresiasi inovasi tersebut.
BINAR EMAS CINTA adalah penyatuan dua program (BKR dan PIK – R) yang memberikan komunikasi, informasi dan edukasi kepada orang tua, anak remaja dan guru dalam upaya menghindari tiga resiko ancaman dasar kesehatan reproduksi remaja atau yang lebih sering didengar dengan sebutan Triad KRR.
“Inovasi BINAR EMAS CINTA bertujuan untuk menyelamatkan masa remaja dengan penanganan terpadu berupa peningkatan kesepahaman orang tua, guru dan anak tentang Kesehatan Reproduksi yang akan dilaksanakan oleh Tim Terpadu Penanganan Kesehatan Reproduksi Remaja agar kasus Seksualitas, Nafza dan HIV/AIDS dapat dicegah,” ujarnya.
Selain itu dalam kesempatan ini, Bupati Bulungan H.Sudjati meyampaikan apresiasinya atas inovasi BINAR EMAS CINTA. Untuk diketahui, inovasi ini merupakan proyek perubahan peserta Diklat Kepempinan III dari Dinas PPPAPPKB.
“Saya berterima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ibu Nurhayati selaku peserta Diklat Kepemimpinan tingkat III dari OPD ini,” ungkapnya.
“Sebab lanjut dia, telah menggagas proyek perubahan tersebut, sehingga tidak sekadar menjadi persyaratan kelulusan Diklat Pim III, namun dapat menjadi inovasi program atau kegiatan yang dapat diterapkan secara nyata di daerah Bulungan,” lanjutnya.
Adanya inovasi BINAR EMAS CINTA di Bulungan merupakan upaya yang sangat baik mewujudkan program pemerintah tentang kualitas hidup masyarakat yang tinggi, maju, dan sejahtera serta program One Agency One Inovation. Hal ini juga berdasarkan Intruksi Bupati Bulungan Nomor 152 tahun 2019, tentang One Agency One Inovation.
Harapan dari Inovasi BINAR EMAS CINTA ini bertingkatnya pengetahuan orang tua tentang TRIAD KRR, terutama tentang Kesehatan Reproduksi (Kespro) sehingga anak bisa berkonsultasi dengan guru, dan orang tua di rumah bila ada permasalahan Kespro yang dapat di kontrol dengan menggunakan buku CINTA.