Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah Melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Gugus Tugas KLA dengan Analisis PUHA Provinsi

139

Palangkaraya (kla.id) “Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak , Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Gugus Tugas Kota Layak Anak ( KLA ) dengan Analis Pengarusutamaan Anak ( PUHA ) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, kamis tanggal 5-6 Desember 2019. Dalam sambutan  Kepala Dinas dr. Rian Tangkudung, M.Kes selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Drs. Gazali Rahman dalam sambutanya anak adalah yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia, setiap anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

 

Peserta Kegitan Bimtek Gugus Tugas KLA dengan Analisis PUHA Tingkat Provinsi sedang mendengarkan paparan

Tujuannya untuk menguatkan komitmen dan peran Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) di Provinsi, serta melakukan pemetaan dan penguatan peran strategis Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) tingkat Provinsi dalam mendorong pelaksanaan KLA dan menyusun Rencana Aksi Daerah Kabupaten Kota Layak Anak (KLA) Kabupaten/ Kota.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dan sekaligus membuka kegiatan secara resmi oleh Sekretaris Dinas Paparan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah Drs. Gazali Rahman. Peserta Kegiatan berjumlah 49 (empat puluh sembilan) orang yang terdiri dari Ketua Tim Gugus Tugas / Bappeda dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak di 14 Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah serta SOPD/Organisasi/Lembaga Masyarakat yang terkait. Narasumber kegiatan ini dari Kementerian KPP-PA RI Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Drs. Dermawan, M.Si, Kepala Bagian Hukum Kepegawaian dan Umum Dian Rahmawati, S.Sos dan Faisal Cakra Buana dari Yayasasn Bahtera Bandung. Materi yang disampaikan adalah tentang Pelaksanaan Kab/Kota Layak Anak (KLA) Menuju Provinsi Layak Anak, Peran Gugus Tugas KLA dan Rencana Aksi Daerah (RAD).

Kegiatan ini dibebankan pada DIPA APBD Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2019.

Dengan terlaksananya kegiatan Pelatihan Gugus Tugas KLA dengan Analisis PUHA tingkat Provinsi  peserta dapat menyusun rencana aksi daerah berdasarkan Analisis PUHA untuk percepatan pengembangan Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA)(Revika, A.Md).