Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Kegiatan Rapat Koordinasi Forum Anak Provinsi dan Peringatan Puncak Hari Anak Nasional (HAN)

346

Palangkaraya (kla.id) ‘Dinamika pembangunan di bidang sosial, budaya dan ekonomi yang dipercepat dengan adanya globalisasi dan kemajuan teknologi informasi selain membawa dampak positif bagi kemajuan ternyata menimbulkan fenomena sosial baru yang tidak selalu menguntungkan dalam perspektif tumbuh kembang dan perlindungan anak. Semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme pada anak-anak Indonesia cenderung menurun, nilai-nilai luhur budaya bangsa seperti pola hidup gotong royong, toleransi, kebersamaan, bangga pada kebhinekaan dan keragaman suku dan budaya Indonesia berubah menjadi pola hidup individual, primordial, konsumtif dan di berbagai wilayah sampai pada tingkat anarkis. Pertemuan FAD Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dilaksanakan sebagai rangkaian perayaan Hari Anak Nasional 2018, yang diperingati setiap tanggal 23 Juli. Melalui pertemuan FAD Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, diharapkan dapat memberikan inspirasi anak-anak untuk bangga menjadi anak Indonesia dan termotivasi untuk berprestasi. Pertemuan FAD Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah juga merupakan forum apresisasi dan penghargaan bagi anak-anak daerah yang telah memiliki prestasi dan aktif berpartisipasi di lingkungannya masing-masing. Dengan tema “Baktiku pada Negeri”yang disampaikan oleh dr. ADM. Tangkudung, M.Kes selaku Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Kalimantan Tengah dihadapan peserta kegiatan Rapat Koordinasi Forum Anak Provinsi di hotel aquarius tanggal 13-16/18.Serta Peringatan Hari Puncak Forum Anak Nasional di Provinsi Kalimantan Tengah di laksanakan pada hari minggu tanggal 16 desember 2018 di Bundaran Besar Palangka Raya, peserta berjumlah 200 (dua ratus) orang anak dari tingkat SD, SMP dan SMA.

Maksud dan tujuan dari pertemuan ini adalah Untuk memberikan ruang partisipasi anak dalam pembangunan, mengambangkan rasa nasionalisme, kebhinekaan, persaudaraan dan mempertahankan nilai-nilai luhur budaya bangsa dalam menghadapi dinamika perubahan global.Hasil yang diharapkan Adanya partisipasi anak dalam pengambilan keputusan pembangunan, Forum anak lebih berkembang dan anak aktif di Kabupaten/Kota asal peserta, pengetahuan anak di bidang partisipasi anak, nasionalisme, kebhinekaan, patriotisme dan nilai luhur budaya bangsa meningkat dan menguatnya kepengurusan.

Pertemuan ini diawali dengan sambutan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Kabid Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak dihadapan peserta Kegiatan Rapat Koordinasi Forum Anak Provinsi 2018.

Jumlah peserta 20 orang yang merupakan perwakilan dari kab/kota Dinas P3A-PPKBdan fasilitator Anak Provinsi.

Anak adalah generasi penerus yang menentukan masa depan bangsa dan negeri. Jadilah anak Cerdas, Gesit, Empati, Berani dan Sehat (Revika, A.Md).