Dinas PPPA Sulsel Menggelar BIMTEK Gugus Tugas KLA Tahun 2019

46
DPPPA SulSel melaksanakan Bimtek KLA.
Hari Pertama Bimtek KLA di Hotel Gammara Makassar (18/11/19).

Makassar (kla.id) Bimtek (Bimbingan Teknis) Gugus Tugas KLA (Kabupaten/Kota Layak Anak) dengan Analisis PUHA (Pengarus Utamaan Hak Anak) Tahap II Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) Tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) SulSel, H Ilham A Gazaling di Hotel Gammara, Kota Makassar, Senin (18/11/19).

Kegiatan itu dihadiri OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dari 10 Kabupaten/Kota di SulSel yang merupakan Gugus Tugas KLA yakni Kabupaten Bulukumba, Bantaeng, Maros, Toraja utara, Selayar, Jeneponto, Pangkep, Soppeng, Bone dan Sinjai.

Seperti disampaikan Kadis PPPA bahwa kegiatan ini keberlanjutan dari Tahap I yang dilaksanakan sekira setengah bulan lalu. Saat itu diikuti 14 Kabupaten/Kota yakni Kota Makassar, Pare-pare, Palopo, Kabupaten Sidrap, Tana Toraja, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Takalar, Gowa, Wajo, Enrekang, Barru dan Pinrang.

“Kegiatan ini lanjutan tahap pertama di tanggal 30 September 2019 di Hotel Dalton Makassar dengan peserta sebanyak 14 Kabupaten/Kota dan OPD Provinsi SulSel”, jelasnya.

Dia mengajak peserta agar memanfaatkan kegiatan itu sebesar-besarnya sebagai wadah berbagi informasi serta untuk mencari solusi terkait KLA. Adapun kendala dan hambatan yang dihadapi khususnya dalam penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) KLA menjadi bagian tak terpisahkan dari agenda BIMTEK.

“Rencana Aksi Daerah KLA merupakan salah satu indikator kelembagaan KLA. Karenanya penting untuk dicari solusi terbaik atas kendala dam hambatan yang mungkin saja kita temui”, tuturnya.

Senada itu, Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak DPPPA SulSel, Nur Anti menjelaskan bahwa BIMTEK diadakan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam menyusun RAD.

“RAD disusun melibatkan seluruh Anggota Gugus Tugas KLA yang ada di Kabupaten/Kota se-SulSel”, pungkasnya.

BIMTEK yang diikuti sekitar 100 orang peserta itu juga dihadiri Sekretaris Deputy Bidang Tumbuh Kembang Anak (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPA RI). Merupakan Gugus Tugas KLA di daerah yang diamanahi tanggung jawab terhadap implementasi kebijakan KLA.

Dia selanjutnya membawakan materi di hari pertama. Diketahui BIMTEK akan berakhir tanggal 20 November 2019. (AMBAE)