DP3AP2KB Kabupaten Bulungan Lakukan Sosialisasi dan Pembentukan KB di Desa Gunung Seriang

582

Tanjung Selor (kla.id) – Bertempat di Pendopo Desa Gunung Seriang Kecamatan Tanjung Selor, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bulungan kembali menggelar Sosialisasi dan Pembentukan Kampung KB di Desa Gunung Seriang, Senin (23/7).
Turut hadir dalam kegiatan ini Errin Wiranda, SE selaku Camat Tanjung Selor beserta staf, Kepala Desa Gunung Seriang Hermasnyah beserta Staf, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB), siswa siswi menengah pertama Desa Gunung Seriang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakat setempat.

Pada kegiatan ini bertindak sebagai narasumber dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes selaku kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan.

“Satuan wilayah setingkat DESA atau setara, yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program KKBPK dan Pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis”, ujar Aryani Arsyad.

Tujuan pembentukan Kampung KB ini untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualita serta Meningkatkan ketahanan keluarga melalui program  BKB, BKR, BKL, PIK Remaja. Adapun prasyarat wajib pembentukan Kampung KB antara lain tersedianya data kependudukan yang akurat, adanya dukungan dan komitmen pemerintah daerah, dan partisipasi masyarakat yang berpartisipasi aktif.

Ruang lingkup pelaksanaan kegiatan di Kampung KB yang dibentuk meliputi kependudukan, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, ketahanan keluarga dan pemberdayaan keluarga (pembangunan keluarga), dan juga kegiatan lintas sektor seperti kegiatan di Bidang Pemukiman, Sosial Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan sebagainya yang disesuaikan dengan kebutuhan wilayah Kampung KB.

Pada kegiatan tersebut peserta juga diberikan kesempatan untuk tanya jawab dan diskusi terkait program Kampung KB.