DP3APPKB Berikan Penyuluhan Tentang Perlindungan Anak dan Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak

155

Tamiang Layang (kla.id) – Tindak kekerasan terhadap anak merupakan tindakan pelanggaran hak asasi manusia dalam Undang-Undang Perlindungan Anak, hak pengasuhan dan pemeliharaan anak sangat spesifik sebagai sebuah mandat yang dilindungi dalam bernegara. Hak anak bagian tak terpisahkan dari Hak Asasi Manusia (HAM). Hak hidup dan memperoleh kehidupan sesuai dengan tumbuh kembang seorang anak menjadi prinsip dasar dalam penegakkan hak anak.  Sebagai upaya perlindungan terhadap anak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah bekerjsama dengan Pemerintah Kabupaten Barito Timur menggelar Kegiatan Penyuluhan Tentang Perlindungan Anak dan Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak di Aula Pertanian Kabupaten Barito Timur, Jum’at 13 Desember 2019.

Tujuan dan hasil yang diharapkan dari kegiatan penyuluhan ini  adalah  terlindungnya anak dari tindak kekerasan dan meningkatnya upaya perlindungan dan pencegahan kekerasan terhadap anak di Kabupaten Barito Timur.

Narasumber Rensi. M.Psi dalam menyampaikan paparan di hadapan peserta Penyuhan Perlindungan dan Pencegahan Kekerasan terhadap anak, Jum;at (13/12)

Dalam laporan ketua panitia pelaksana yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak Mulyo Suharto, SH mengatakan pemahaman dan pengetahuan tentang perlindungan anak dan pencegahan kekerasan terhadap anak  perlu terus disampaikan kepada masyarakat. Salah satunya melalui kegiatan penyuluhan. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Barito Timur, Ir. Charia Eni, MAP. Dalam sambutannya mengatakan upaya perlindungan anak tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah semata tapi harus dilakukan secara bersama pemerintah, masyarakat, tokoh agama, adat dan dunia usaha sebagai dasar dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 yang telah diubah menjadi Undang-Undang No. 35 Tahun 2014. Ibu kepala dinas juga menyampaikan terima kasih kepada DP3APPKB Proinsi Kalimantan Tengah yang berkenan memberikan pelaksanaan kegiatan penyuluhan tentang perlindungan anak dan pencegahan kekerasan terhadap anak di Kabupaten Barito Timur untuk meningkatkan wawasan, kesadaran aparatur dan masyarakat tentang perlindungan anak. Turut hadir narasumber Yulka Susana, M.Kes dari TP-PKK Provinsi Kalimantan Tengah dan Rensi, M.Psi UPT-TPPA Provinsi Kalimantan Tengah. Materi yang disampaikan adalah pencegahan dan penanganan korban kekerasan terhadap anak dan kekerasan pada anak dan aspek kuratif.

STOP KEKERASAN : Peserta Penyuluhan Tentang Perlindungan dan Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak di, Aula Pertanian Kabupaten Barito Timur, Jum;at (13/12)

Kegiatan ini di dukung oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Barito Selatan dan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah. Peserta berjumlah 35 orang yang terdiri Dinas DPPKBP3A, Petugas TP-PKK, Lembaga Layanan Anak, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Masyarakat dan Forum Anak di Kabupaten Barito Timur.

Kegiatan Penyuluhan  Tentang Perlindungan Anak dan Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak dibebankan pada DPA Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019.

Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat meningkatkan pemahaman tentang pencegahan dan kekerasan terhadap anak. (Revika, A.Md).