DP3APPKB Bersama Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Tengah Melakukan Kunjungan Ke SLB dan LPKA

144

Palangkaraya (kla.id) ‘Setiap anak memiliki hak untuk berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hak tersebut dijamin dalam Konvensi Hak Anak yang telah diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden No. 36 Tahun 1990. Hak partisipasi anak jugatelah diakomodir dan dikuatkan dalam berbagai perundang-undang di Indonesia seperti Undang Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM, Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan Anak, dan Undang Undang Nomor 35 Tahun 2014 tetang perubahan atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak.

Dinas P3APPKB bersama Ketua TP-PKK melakukan kunjungan ke Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Palangka Raya dan  ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palangka Raya.  Ketua TP-PKK  Provinsi Kalimantan Tengah atau yang disapa Ibu Ivo ini memberikan motivasi kepada anak-anak berkebutuhan khusus ndi SLB serta anak-anak binaan di LPKA agar tetap percaya diri dan jangan merasa rendah diri atau minder karena mereka sama dengan anak-anak yang lain. Kunjungan ke Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 yang bertempat di Jalan Pelajar-Matal Kelurahan Sabaru Kecamatan Sebangau dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jalan Cilik Riwut Km. 2,5 ini, merupakan dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN)  Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, pada hari Selasa (5/11/2019).

Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran saat bersama Kepala Dinas P3APPKB dr. Rian Tangkudung, M.Kes, Plt. Dinas Pendidikan Motif Saptono Dan Kepala SLB Negeri 2 Palangka Raya

Ibu Ivo juga berpesan kepada orang tua agar terus berjuang demi masa depan anak-anak serta berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kasih sayang kepada mereka, melindungi mereka. Karena Anak berkebutuhan khusus dan anak binaan ini tetap memiliki hak yang sama  dengan anak yang lain.

Turut hadir dalam kunjungan Kepala Dinas P3APPKB Prov.Kalteng dr. Rian Tangkudung, M.Kes, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng Motif Saptono, Kepala LPKA Kelas II A Palangka Raya Mubasirudin, SH, anggota TP-PKK Prov. Kalteng serta pejabat terkait lainnya.

Ketua TP-PKK Prov.Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran dalam kunjungan Ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (KPKA) Kelas II A Palangka Raya

Pada kesempatan ini Ibu Ivo juga menyerahkan secara simbolis bantuan buku pelajaran dari Dinas Pendidikan kepada Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Palangka Raya. Ibu Ivo juga menyempatkan diri berkeliling melihat hasil karya dan kerajinan tangan siwa-siswi.

Sementara kunjungan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II A Palangka Raya menyerahkan bantuan kartu Identitas Anak (KIA) kepada 6 perwakilan anak serta menyerahkan secara simbolis sejumlah bantuan lain berupa buku bacaan dan alat olah raga (8 buah raket bulutangkis, 2 buah bola voli, 2 buah net voli) dari Bank Kalteng, susu beruang ( 1 box) dari Dinas Kesehatan Prov. Kalteng, perlengkapan pribadi dan makanan dari PKK Prov. Kalteng.

Kepala Dinas P3APPKB Prov. Kalteng  dr. Rian Tangkudung, M.Kes menuturkan salah satu jalan mewujudkan perjuangan hak-hak bagi anak binaan adalah melalui pendataan. Pendataan menurut dr Rian Tangkudug, M.Kes merupakan langkah awal untuk menjamin  anak mendapatkan haknya.  Melalui pendataan ini mereka akan diakui telah menjadi warga setempat. Sehingga hak-hak anak dapat diperjuangkan. Terlebih untuk mendapatkan program-program dari pemerintah.

Anak adalah generasi penerus yang menentukan masa depan bangsa dan negeri. Jadilah anak Cerdas, Gesit, Empati, Berani dan Sehat (Revika, A.Md).