Duta Anak Bulukumba Berkompetisi di Festival Forum Anak Sulawesi Selatan

625

Duta Anak Bulukumba sebelum defile penyambutan Festival Forum Anak Sulsel .

Bulukumba, Kla
Empat Duta Anak Bulukumba berkompetisi di ajang Festival Forum Anak Sulawesi Selatan yang diselenggarakan di Masamba, Kabupaten Luwu Utara Kamis 29 Maret hingga 31 Maret 2018.

Ke-empat Duta Anak tersebut masing-masing Andi Murad Kayla Syah, Muhammad Rasul, Latifatul Fatimah dan Hilda Amanda. Selain empat Duta Anak, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak juga mengikutsertakan Umil Khasanah dan Khairul Anam Duta Perdamaian, Annisa Ayu Hafidzah dan Syafrul Kurniawan Duta Pembangunan sebagai peserta penggembira di ajang bergengsi Forum Anak tersebut.

Menurut Hj. Umrah Aswani Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bulukumba, Duta Anak Bulukumba diharapkan bisa menjadi motivator bagi anak-anak lainnya utamanya untuk berikprah di tingkat provinsi maupun nasional.

Kegiatan Festival Forum Anak Sulawesi Selatan tahun 2018 dilaksanakan di Masamba Kabupaten Luwu Utara karena daerah yang dinahkodai Indah Putri Indriyani ini telah berhasil meraih predikat Kabupaten Layak Anak tahun 2017 lalu.

Kepala Dinas PPPA Sulsel bersama Bupati Luwu Utara. Foto Muhajir Ganie.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberi wadah bagi hak partisipasi anak dan untuk menjaring perwakilan Duta Anak sebagai wakil Sulawesi Selatan di tingkat nasional, ” beber Andi Murlina Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan saat menyampaikan laporannya pada pembukaan Festival Forum Anak di Lapangan Taman Siswa Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Kamis 29 Maret 2018.

Sementara itu Indah Putri Indriyani Bupati Luwu Utara mengapresiasi baik kegiatan festival itu. Menurutnya, anak-anak tidak pernah menuntut haknya, tetapi mereka berhak mendapatkan hak itu. Dia juga menegaskan bahwa memberikan hal-hal yang baik terhadap anak adalah salah satu wujud pemenuhan hak anak.

Bupati cantik ini juga menyampaikan bahwa esensi pendidikan anak adalah pembentukan karakter.
“Jadi yang pertama harus dibentuk dalam diri anak-anak kita adalah pembentukan karakter, setelah itu baru memberi materi-materi lain kepada mereka, sehingga terbentuk generasi yang berkualitas, “kata Indah Putri dalam sambutannya.

Sementara itu, saat membuka secara resmi kegiatan Festival Forum Anak, H. M. Hasan, Asisten Ahli Gubernur Sulawesi Selatan Bidang Pembangunan Ekonomi Keuangan menyampaikan bahwa Pemerintah Sulawesi Selatan tahun 2018 ini telah melibatkan anak dalam perencanaan pembangunan.
“Perwakilan Forum Anak se-Sulawesi Selatan kita libatkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Sulsel baru-baru ini. Hal itu sebagai salah satu wujud komitmen kita untuk memenuhi hak-hak anak, “kata H. M. Hasan. (Muhajir Ganie)