FAD GIANYAR : SATUKAN AKSI EKSPRESIKAN  ENERGI UNTUK GIANYAR

15

 

Pandemi Covid 19 tidak menyurutkan semangat Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Gianyar untuk menyemarakkan Perayaan Hari Anak Nasional tahun 2020. Berbagai kegiatan dilaksanakan secara daring oleh FAD Kabupaten Gianyar. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 6 Juni  2020 sampai dengan 29 Juli 2020. Dengan Motto Satukan Aksi, Ekspresikan Energi untuk Gianyar, FAD Gianyar menyelenggarakan FESTAN dan AKARYA. Festival Daring Anak Gianyar (FESTAN) terdiri dari kegiatan Jambore Daring Anak (JEDAR), Bersama Daring 23 (SADARTA), dan Gianyar Tiktokan di Rumah (GITAR). Anak Gianyar Berkarya (AKARYA) terdiri dari kegiatan Irama dari Anak,  Poster Digital Challenge (POD challenge), dan Point Of View Challenge (POV challenge).

Jambore Daring Anak (JEDAR) merupakan adalah kegiatan edukasi dari FAD Gianyar dalam bentuk diskusi online kepada anak-anak mengenai isu yang terjadi saat ini. Kegiatan JEDAR akan dipublish melalui media sosial FAD Gianyar, lewat postingan instagram dan instagram story. Dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2020 melalui aplikasi Zoom Meeting dengan peserta anak-anak Kabupaten Gianyar. Di akhir sesi diskusi diadakan sesi kuis sederhana dengan menggunakan media daring. Akan diambil 3 orang dari setiap sesi dan akan mendapatkan hadiah berupa pulsa serta berhak melaju ke babak final live kuis pada puncak perayaan HAN Gianyar.

Bersama Daring 23 (SADARTA) merupakan sebuah upaya oleh Forum Anak Daerah Kabupaten Gianyar untuk melestarikan tradisi budaya bali. Dalam kegiatan ini anak-anak diedukasi pemenuhan hak anak dan perlindungan anak dengan menggunakan Bahasa Bali melalui akun instagram resmi FAD Gianyar @fad_gianyar. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya kalangan anak-anak saat ini lebih memilih menggunakan Bahasa Indonesia untuk bahasa sehari hari.

Gianyar Tiktokan di Rumah (GITAR) merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Daring Anak Gianyar yang dilaksanakan dalam rangka perayaan Hari Anak Nasional tahun 2020.  Dengan memanfaatkan aplikasi tiktok, diharapakan anak-anak dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif dan mengembangan kreativitasnya selama anak berada di rumah. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 24 sampai dengan 27 juni 2020 dan pemenang diumumkan pada tanggal 29 Juni 2020.

FAD Kabupaten Gianyar juga melaksanakan lomba tarik suara secara daring melalui instagram yang disebut Irama dari Anak. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 6 sampai dengan 24 Juli 2020. Kegiatan ini akan mengangkat beberapa lagu mengenai anak yaitu Aku Indonesia dari Naura , Jingle Three Ends KEMENPPPA, dan Laskar Pelangi dari NIDJI. Peserta dibebaskan untuk musiknya, boleh menggunakan musik karaoke atau diiringi alat music yang dimainkan peserta sendiri.

Poster Digital Challenge (POD challenge) merupakan lomba poster secara digital dengan tema “Hari Anak Nasional ‘Gembira di Rumah Aja’”. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 6 sampai dengan 27 Juli 2020 melalui instagram.

Point Of View Challenge (POV challenge) merupakan kegiatan FAD Gianyar berupa kompetisi vlog. Kegiatan ini bertema “Aksi Melawan Pandemi” yang berisi sudut pandang anak-anak terkait pandemi COVID-19. Dalam vlog ini, anak dapat menyampaikan aspirasi sekaligus solusi terkait permasalahan yang dibahas. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak sekaligus memberikan ruang bagi anak untuk menyuarakan pendapatnya.

(Dinas P3AP2KB Kabupaten Gianyar)