Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)

249

Kota Jambi (kla.id)

Dalam rangka membekali peserta didik sebagai generasi emas dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan, pemerintah mendorong peningkatan literasi dasar, kompetensi berpikir, kritis, kreatif, komunikatif dan kolaborasi generasi muda. Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Pendidikan Kota Jambi Menggelar kegiatan Pekan Kompetisi Sains, Festival Lomba Seni dan Olahraga Siswa Korwil I Tahun 2020. FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) adalah kegiatan akbar di bidang seni dan budaya yang melibatkan seluruh siswa-siswi jenjang pendidikan dasar dan menengah.

YAYASAN JAMI AL FALAH JAMBI, Jambi, 05 Maret 2020 bertempat di SD Islam Al Falah 2 Jambi Pembukaan Pekan Kompetisi Sains Festival Seni dan Olahraga Siswa Korwil 1 Tahun 2020 oleh Ketua Umum Yayasan Jami’ Al Falah Jambi ibu Dra. Hj. Juniwati T. Masjchun Sofwan dan Wakil Walikota Jambi bapak DR. dr. H. Maulana, MKM yang pada kesempatan itu menggantikan bapak Walikota Jambi DR. H. Syarif Fasha, turut hadir Sekda Kota jambi Bapak Ir. H. Budidaya, M. For, Sc.

Wakil Walikota Jambi menyampaikan kata sambutan mengatakan bahwa “PBB sudah mengadopsi Pola Pendidikan Anak Secara Islam untuk kepentingan masyarakat Dunia seperti yang diajarkan oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW”. “Kegiatan ini sesungguhnya sudah membantu Pemerintah Kota Jambi dalam mewujudkan Visi Pemerintah Kota Jambi”. Dalam kegiatan ini di ikuti  kurang lebih 40 Sekolah Dasar se-kecamatan Telanaipura dan Kecamatan Danau Sipin.

Dalam upaya untuk mencapai pendidikan yang bermutu, maka arah dan kebijakan pembangunan bidang pendidikan baik secara nasional maupun di daerah telah diarahkan dalam upaya perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan bermutu di semua jenjang pendidikan, karenanya pemerintah berupaya melaksanakan program peningkatan mutu pendidikan tidak hanya sebatas dalam bentuk peningkatan kualitas kegiatan proses belajar mengajar, tetapi juga dalam upaya meningkatkan kondisi kesehatan jasmani dan rohani serta kreativitas siswa.

Penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) bertujuan untuk :

  • Memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik dengan mengedepankan sikap sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.
  • Mengedepankan ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik.
  • Membina, meningkatkan kreativitas dan memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya.
  • Menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra budaya bangsa
  • Menumbuhkembangkan sikap sportivitas dan kompetitif peseta didik sejak dini, yang merupakan bagian dari pendidikan karakter, serta meningkatkan kemampuan bersosialisasi peserta didik.

Karena itu, melalui lembaga pendidikan terus dilakukan pencarian para atlet berbakat melalui berbagai event mulai dari pertandingan antar kelas di sekolah, pertandingan antar sekolah dan kecamatan serta sebagaimana yang digelar pada hari ini, yaitu Festival Lomba Seni Siswa Nasional. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini setiap tahun akan memberikan manfaat ganda, yaitu peningkatan serta mengembangkan kreatifitas siswa dan nilai – nilai luhur budaya juga mengasah kepekaan dan peningkatan kualitas diri ditambah untuk lebih memperhalus budi pekerti dan tingkah laku.