Firza Wakili Pontianak Pada Pertemuan Anak Nasional

425

    

Kota Pontianak (kla.id) – Firza merupakan salah satu anak Kota Pontianak yang beruntung mewakili Forum Anak Kota Pontianak pada kegiatan Forum Anak Nasional Tahun 2018 di Hotel Singgasana, Kota Surabaya sekaligus dirangkaikan dengan Peringatan Puncak Hari Anak Nasional Tahun 2018 di Kebun Raya Purwodadi Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan yang diselenggarakan mulai tanggal 19 s.d. 23 Juli 2018 diikuti sebanyak 712 peserta yang merupakan perwakilan Pusat, Provinsi dan Kab/Kota Se-Indonesia.

Ketika ditemui usai pembukaan Forum Anak Nasional di Singgasana Hotel, Firza mengungkapkan bahwa Kegiatan Forum Anak Nasional 2018 ini merupakan moment yang sangat penting untuk memperluas pengetahuan terutama tentang isu anak Se-Indonesia yang akan dibahas bersama-sama sebagai bagian dari peran Pelapor dan Pelopor (2P), ” Alhamdulillah, Firza senang sekali bisa mewakili Forum Anak Kota Pontianak di FAN 2018, nanti kita bersama rekan-rekan yang tergabung pada Provinsi Kalimantan Barat akan menyampaikan pendapat kami sebagai bentuk partisipasi kami dalam memberikan solusi terhadap permasalahan anak yang ada di Indonesia, ” ujar Firza yang juga merupakan Ketua Forum Anak Kota Pontianak Tahun 2017-2018.

Firza mengungkapkan bahwa apa yang ia dapat dari Forum Anak Nasional Tahun 2018 selanjutnya akan dibagikan kepada anggota Forum Anak Kota Pontianak sehingga informasi dan pengalaman yang bermanfaat bisa tersampaikan dengan baik kepada anak di Kota Pontianak, “apa yang firza dapat disini, insya Allah akan firza sampaikan kepada kawan-kawan sehingga mereka juga mengetahui hasil yang didapat selama kegiatan di Surabaya, mudah-mudahan bermanfaat dan menjadi motivasi bagi seluruh anak di Kota Pontianak, ” ujar Firza.

Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Lenny R Rosalin mengungkapkan bahwa peserta yang mengikuti Forum Anak Nasional (FAN) Tahun 2018 merupakan perwakilan dari 87 Juta Anak Indonesia, FAN merupakan wadah partisipasi untuk berkumpul, berorganisasi dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002 khusus nya pada pasal 4, “Kalian terpilih dari 87 Juta Anak Indonesia, mewakili dari 87 juta anak Indonesia bisa dibayangkan senang nggak,” tanya Lenny R Rosalin kepada peserta ketika sambutan membuka kegiatan FAN Tahun 2018.

Sesuai dengan tema Forum Anak Nasional Tahun 2018 yaitu Bhakti Anak Kepada Negeri, Lenny R. Rosalin berharap peserta dapat memperkuat peran sebagai 2P yaitu Pelopor dan Pelapor, “Anak-anak semua sebagai kelanjutan arti penting dari tema kita tahun ini yang berarti bagaimana peran peserta sebagai 2P memberikan dampak positif bagi kemajuan negara kita,” ujar Lenny.

Terpisah, Ketika ditanya tentang pemberian Penghargaan Dafa Award Tahun 2018 yang merupakan rangkaian kegiatan Forum Anak Tahun 2018, Firza mengaku optimis akan memperoleh hasil yang terbaik, ” kita ikut Dafa Award 2018, semua sudah kita siapkan dengan baik untuk mengikuti lomba itu, apa pun hasil yang kita raih nanti kita telah memberikan yang terbaik agar memperoleh hasil yang maksimal, kalau pun belum menjadi pemenang setidak nye kita sudah berusaha dan ini akan menjadi motivasi kita agar tahun depan bisa lebih baik lagi, ” ungkap Firza dengan logat melayu Pontianak.

Berikut hasil Pemenang Dafa Award Tahun 2018 yang diumumkan oleh panitia  Sabtu malam, 21 Juli 2018 di Ballroom Singgasana Hotel :
1. Forum Anak Sakera sebagai Pemenang Dafa Award Kategori Forum Anak Terbaik Tingkat Desa/ Kelurahan.
2. Forum Anak Kecamatan Pinggir Prov. Riau sebagai Pemenang Dafa Award Kategori Forum Anak Terbaik Tingkat Kecamatan.
3. Forum Anak Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan sebagai Pemenang Forum Anak Terbaik kategori Kabupaten/Kota.
3. Forum Anak Provinsi Jawa Barat sebagai Pemenang Forum Anak Terbaik kategori Provinsi.