Forum Anak Daerah (FAD) Provinsi Kalimantan Tengah Mengikuti Pertemuan Forum Anak Nasional (FAN) 2019 di Makassar

117

Palangkaraya (kla.id) ‘Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 menjelaskan bahwa setiap anak berhak untuk hidup tumbuh dan berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusian serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Sebagai wujud untuk mengimplementasikan UU Perlindungan Anak Tersebut, maka Pemerintah Republik Indonesia Melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak membuat kebijakan dalam hal pengembangan dan peningkatan pemenuhan hak partisipasi anak melalui wadah yang disebut Forum Anak. Pertemuan Forum Anak Nasional (FAN) dilaksanakan sebagai rangkaian perayaan Hari Anak Nasional yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 23 Juli 2019, yang sudah dilaksanakan selama 10 tahun. Melalui pertemuan Forum Anak Nasional (FAN) diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi anak-anak agar bangga menjadi anak Indonesia dan termotivasi iuntuk menjadi inspirator perubahan dan mampu berpartisipasi dalam proses pembangunan. Pertemuan Forum Anak Nasional (FAN) juga merupakan forum apresiasi atau penghargaan bagi Forum Anak Anak Daerah yang telah memiliki prestasi dan aktif berpartisipasi di lingkungannya masing-masing. Menjadi Pelopor dan Pelapor dalam melakukan sosialisasi dan advokasi di bidang pemenuhan hak anak dan pelaksanaan kewajiban anak melalui mekanisme Forum Anak Daerah. Pertemuan Forum Anak Nasional (FAN) 2019 mengambil Tema “Satu Dekade Forum Anak Nasional, Kita Beda Kita Bersaudara, Bersama Kita Maju”. Melalui tema ini diharapkan forum anak nasional dapat merefleksikan capaian yang telah didapatkan selama sepuluh tahun. Pertemuan Forum Anak  Nasional (FAN) yang diselenggarakan setiap tanggal 19 s/d 23 juli 2019 dihotel Fourpoints by Sheraton Sulawesi Selatan.

Pertemuan Forum Anak Nasional bertujuan untuk memberikan ruang partisipasi anak dalam pembangunan, mengembangkan rasa nasionalisme, kbhinekaan, persaudaran, mempertahankan nilai-nilai luhur budaya dan karakter bangsa dan mampu menjadi inspirator muda pelopor dan pelapor pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak. Hasil yang diharapkan dari pertemuan Forum Anak Nasional adalah terpenuhinya hak partisipasi anak di provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan dan meningkatnya peran forum anak sebagai pelopor dan pelapor.

Pertemuan ini buka olehMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana S. Yembise. Narasumber daerah berjumlah 12 (dua belas) orang, materi yang disampaikan adalah Kesiapsiagaan Bencana Narasumber BNPB, Mencegah Dampak Negatif Kemajuan Teknologi Informasi Narasumber Asdep HSIPA KPPA, Pengasuhan alternatif Narasumber KPAI, Perkawinan Anak Narasumber Koalisasi Perempuan Indonesia, Stunting Narasumber Kemenkes, Pola Hidup Bersih dan Sehat Narasumber FKM Unhas, Kesehatan Mental Narasumber Psikolog Sulsel, Revolusi Mental Narasumber PMK, Berani Jujur itu Hebat Narasumber KPK, Human Traficking Narasumber Mabes Polri, Anti terorisme Narasumber BNPT, Perlindungan Khusus bagi Kelompok Anak Rentan Narasumber ASIAN Foundation.

Jumlah peserta adalah 582 orangyang merupakan perwakilan dari 14 kabupaten/kota dengan komposisi peserta laki-laki dan perempuan. Dua orang pendamping dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB yang terdiri dari 1 (satu) pendamping putra dan 1 (satu) pendamping putri. Perwakilan Forum Anak kabupaten/ kota di Provinsi Kalimantan Tengah berjumlah 14 orang Forum Anak Daerah (FAD). Nama-nama anak Forum Anak Daerah (FAD) tahun 2019 yang mengikuti Hari Anak Nasional tahun 2019 di makassar antara lain :

  1. Petra Chris mastianto FAD Kota Palangka Raya
  2. Isyifa Lintan Az Zuhro FAD Kab. Katingan
  3. Regista Tri Puspitasari FAD Kab. Pulang Pisau
  4. Ahmad Hafi Maulana FAD Kab. Kapuas
  5. Aprilia Harapani FAD Kab Barito Selatan
  6. Maria Talenta FAD Kab. Bariti Timur
  7. Adina Mardhatillah FAD Kab. Barito Utara
  8. Pepriadi FAD Kab. Gunung Mas
  9. Marisha Putri Nur L FAD Kab. Kotawaringin Barat
  10. Ajeng Yasmin Putri Meisa FAD Kotawaringin Timur
  11. Sri Nursafitri FAD Sukamara
  12. Rio Ilham Dwisaputra FAD Murung Raya
  13. Ainur Rafiq FAD Kab. Seruyan
  14. Yosua Purba FAD Lamandau

Forum Anak Nasional tahun 2019 memberikan pemahaman dan pengalaman kepada peserta untuk selalu menjaga persatuan dan persaudaraan di tengah perbedaan yang menjadi bagian dari kekayaan bangsa indonesia (Revika,A.Md).