FORUM ANAK DOMPU dengan “Sunday Cleaning Day With”

92

Dompu~NTB Kla.id, Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan.
Yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan lainnya. Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman.

Berdasarkan pengamatan, lingkungan, khususnya ditempat umum seperti Taman semakin hari bertambah kotor, sampah-sampah yang berserahkan berasal dari masyarakat dan pengunjung yang membuang sampah di sembarang tempat, hal ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam keharusan menjaga kebersihan lingkungan sehingga tercipta lingkungan yang indah, asri, sehat, sejuk dan rindang, sehingga kesadaran masyarakat merupakan masalah yang harus diselesaikan.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, tentu secara otomatis masyarakat akan terbiasa menjaga kebersihan, seperti jika melihat tempat yang tidak bersih perlu segera kita bersihkan agar hilang dari pandangan mata.
Semakin banyak kotoran yang dibiarkan menumpuk semakin tidak baik untuk dilihat yang lebih bahaya lagi akan mendatangkan berbagai penyakit atau wabah di sekitarnya.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah ; (a) Menumbuhkan rasa kepedulian anggota Forum Anak Dompu akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar; (b) Meningkatkan rasa kegotong royongan anggota Forum Anak Dompu dengan kegiatan bakti sosial; (c) Memotivasi masyarakat dan pengunjung agar selalu menjaga kebersihan; (d) Menambah wawasan dan pengetahuan sosial anggota Forum Anak Dompu dan masyarakat; (e) Membantu pembentukan sikap dan kepribadian seseorang (Pendidikan Karakter); dan (f) Menumbuhkan rasa moralitas yang tinggi dan mengembangkan kepribadian anggota Forum Anak Dompu.

Adapun manfaat yang dihasilkan dari penyelenggaraan kegiatan yaitu ; (1) Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat; (2) Lingkungan bebas dari segala polusi sehingga menjadi Nyaman, Indah, Sejuk, Asri dan rindang (3) Sanitasi bersih dan saluran air/parit lancar sehingga tidak ada genangan air; (4) Lebih tenang dalam berkunjung ke tempat umum; (5) Anggota mampu mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang didapat untuk kepentingan masyarakat secara langsung; dan (6) Masyarakat mampu mengupayakan peningkatan kualitas kesehatan di lingkungannya.

Kegiatan Bakti Sosial (BAKSOS) dengan tajuk “Sunday Cleaning Day With Forum Anak Dompu” merupakan kegiatan inovasi dan kreatif oleh Forum Anak Dompu. Kegiatan Bakti Sosial tersebut dilaksanakan serempak oleh Forum Anak se~Kabupaten Dompu.
Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian Forum Anak terhadap lingkungan.

Kegiatan Bakti Sosial harus terus dilestarikan karena membawa banyak dampak positif dan perubahan yang berarti, Mengingat kondisi lingkungan sekitar kita yang mulai tak terjaga dan masyarakat mulai menurun kesadarannya dalam penjagaan kebersihan yang dalam sejatinya kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental. [Yuan/FAD Dpu]