Forum Anak Maros Laksanakan Festival dan Kongres Anak Tahun 2020

103

Maros (kla.id)

Pelaksanaan Festival dan Kongres Anak Tahun 2020

Forum Anak Buttasalewangang (FABS) Kabupaten Maros melaksanakan Festival dan Kongres Anak Tahun 2020 yang dilaksanakan di Baruga B Kantor Bupati Maros, Minggu (15/03/2020).

Festival dan Kongres Anak dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Maros, Idrus (Minggu, 15/03/2020) yang mengatakan bahwa Forum Anak adalah organisasi anak sebagai wadah atau pranata partisipasi bagi anak yang belum berusia 18 tahun dimana anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok anak atau kelompok kegiatan anak yang dikelola oleh anak-anak dan dibina oleh pemerintah sebagai media untuk didengarkan, dihormati dan dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh atas aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan dengan fungsi memantau pemenuhan hak dan pelaksanaan kewajiban anak, sosialisasi hak dan kewajiban anak di lingkungan teman sebaya anak, menyuarakan aspirasi anak, melibatkan diri dalam proses pengambilan keputusan, dan mendorong anak-anak aktif mengembangkan potensinya.

Idrus berharap Kongres Anak yang akan memilih pengurus baru periode 2020 – 2021 sekaligus menetapkan duta anak yang akan mewakili Kabupaten Maros pada Forum Anak Sulawesi Selatan dan Forum Anak Nasional bias lebih baik dari pengurus dan duta anak sebelumnya, dan menyampaikan terima kasih kepada pengurus Forum Anak Periode 2019 – 2020 yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Maros dalam mewujudkan Kabupaten Maros sebagai Kabupaten Layak Anak.

Sebelum pelaksanaan kongres dilaksanakan DPPPA bersama Pengurus Forum Anak melaksanakan open recruitment dengan pendaftaran secara elektronik untuk perekrutan Forum Anak Butta Salewangang masa bakti Tahun 2020 – 2021 dengan mengirim surat ke para Kepala SMA/SMK/MA dan SMP/Mts /SLB Se Kabupaten Maros untuk melibatkan Siswa/Siswi mendaftar menjadi anggota Forum Anak Butta Salewangang.

Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak DPPPA Kabupaten Maros Nurani menyampaikan bahwa Festival dan Kongres Anak melaksanakan beberapa agenda diantaranya Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pengurus  FABS Periode 2019 – 2020, Wawancara Calon Duta Anak Tahun 2020, Sharing Session Duta Anak Sulawesi Selatan Tahun 2019, Penampilan Bakat Calon Duta dan Pengumuman Duta Anak Tahun 2020.

Pelaksanaan Kongres Anak menetapkan Ainun Mardiyah siswi Kelas X SMAN 1 MAROS sebagai Ketua Forum Anak Kabupaten Maros Periode 2020 – 2021. Ainun telah menjadi pengurus Forum Anak sejak Tahun 2017 sampai sekarang dan pernah menjadi Duta Anak Maros di pertemuan Forum Anak Provinsi Sulawesi Selatan dan sebagai Duta Anak Maros pada Forum Anak Nasional Tahun 2019.

Duta Anak Tahun 2020

Sementara Festival Anak menetapkan empat Duta Anak yang akan di utus pada pelaksanaan pertemuan Forum Anak Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Tifani S.A Nabila (SMAN 3 MAROS),  Muh. Ilham Alifullah (SMAN 3 MAROS), Nurhaliza (SMAN 1 MAROS) dan Muh. Ade Bintang Ariesta (SMAN 1 MAROS).

“Forum Anak diharapkan bukan hanya terbentuk di Kabupaten, tetapi juga terbentuk di Kecamatan dan Desa/Kelurahan Se Kabupaten Maros yang diharapkan dapat menjalankan perannya sebagai Pelopor dan Pelapor serta ikut berpartisipasi dalam pembangunan dengan dilibatkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten, sebagaimana Surat Edaran Bupati Maros Nomor : 412.23/48/DPPPA tanggal 19 Nopember 2019 tentang Pelibatan Forum Anak / Perwakilan Anak di Musrenbang”, tutup Idrus.