Forum Anak Maros Melaksanakan Kongres dan Pemilihan Duta Anak

1456
Duta Anak yang terpilih di Kongres Anak

Maros (kla.id)

Forum Anak Buttasalewangan Kabupaten Maros melaksanakan Festival dan Kongres Anak dengan menghadirkan perwakilan Forum Anak Kecamatan 4 anak (2 laki-laki dan 2 perempuan) yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Maros pada hari Sabtu – Minggu (17 s.d 18 Maret 2018)

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Maros, Idrus yang membacakan Sambutan Bupati yang pelaksanaan kongres anak bukan hanya menjadi ajang silaturahmi forum anak se kabupaten maros, tetapi dapat mengidentifikasi permasalahan anak dan kebutuhan anak di kabupaten maros yang akan menjadi masukan kepada pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan dan program pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Selanjutnya Bupati berharap Forum Anak diharapkan dapat melaksanakan perannya sebagai pelopor dan pelapor dengan ikut berperan dalam :

  1. Pencegahan pergaulan bebas yang akan berdampak negatif pada masa depan.
  2. Pemanfaatan tekhnologi informasi yang positif, dimana anak-anakku sekalian berada di era digital yang dapat menimbulkan dampak negatif.
  3. Terlibat dalam pencegahan nafza, untuk menghindari anak maros dari narkoba, miras, obat-obatan dan lem.
  4. Terlibat dalam mendorong pola hidup sehat dan bersih serta menjaga kelestaian alam dan lingkungan.
  5. Belajar dengan tekun dan mengembangkan kemampuan, bakat dan minat yang akan menjadi bekal masa depan.
  6. Menghormati orang tua dan guru serta melaksanakan etika dan akhlak yang mulia dalam keluarga dan lingkungan masyarakat.

Dalam pelaksanaan festival dan kongres anak, Forum Anak mendapat penguatan dari Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Nur Anti yang menyampaikan materi Tugas dan Fungsi Forum Anak, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan Fadiah Machmud dengan materi Konvensi Hak Anak untuk memberikan pemahaman kepada Forum Anak terkait Hak Anak sekaligus menggali isu permasalahan dan kebutuhan anak Maros.

Spanduk Publikasi Forum Anak

Kegiatan Kongres juga melaksanakan kegiatan Tudang Sipulung yang dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Maros (Chaidir Syam) dan beberapa pimpinan lembaga seperti Gerakan Anti Narkoba (Granat), Ketua HMI, Ketua Organisasi OI, Ketua Sekolah Pilitik Perempuan, Ketua Yayasan Maupe, Ketua LPA Maros, Presiden Skhola Tanpabatas, Ketua Pemuda Pancasila, Ketua Sanggar Seni Lontara yang berbagi inspirasi kepada forum anak.

Kongres Anak ditutup dengan kegiatan Pemilihan Duta Anak dan terpilih 4 anak (Dzakiatul Muafiq H dari Kecamatan Tompobulu, Nur Hasriawanda Ummy Haris dari Pengurus Forum Anak Kabupaten, Muh. Alif Nur dati Kecamatan Camba dan Muh Yusril Ihza Mahendra Rastach dari Pengurus Forum Anak Kabupaten) yang mewakili Forum Anak Maros peda pelaksanaan Festival Anak Sulawesi Selatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 s.d 31 Maret di Masamba Luwu Utara.