Forum Anak Maros Melaksanakan Program FABS KECE

537
Camat Mallawa hadir di kegiatan FABS Kece

Maros (kla.id)

Forum Anak Butta Salewangang (FABS) Kabupaten Maros melaksanakan program kerja FABS KECE atau Forum Anak Butta Salewangang Ke Kecamatan Rame-Rame. Program kerja ini bertujuan untuk memberikan penguatan kapasitas dan pengetahuan lebih mendalam terkait Forum Anak kepada pengurus Forum Anak Kecamatan di Kabupaten Maros.

FABS KECE dilaksanakan pertama kali di Kecamatan Mallawa, Minggu (25/2/2018) yang bertempat di SMA Negeri 7 Mallawa. Kecamatan Mallawa merupakan kecamatan terjauh dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Bone dan telah membentuk Forum Anak Kecamatan serta Forum Anak di seluruh Desa/Kelurahan.

Pada kegiatan ini dilaksanakan sosialisasi partisipasi anak dan penguatan kapasitas terhadap anak-anak yang jauh dari kota. Hal itu dilakukan FABS sebagai wadah pertisipasi anak dalam mengungkapkan hak-haknya utamanya membantu pemerintah untuk menyelesaikan masalah kekerasan terhadap anak.

Sosialisasi 10 Hak Anak oleh FABS

Ketua FABS, Ahmad Takbir Abadi menjelaskan bahwa pihaknya melaksanakan kegiatan di Kecamatan Mallawa dimana anak-anak disana perlu diberi sosialisasi tentang hak-haknya karena terbilang minim akses informasi.

Menurutnya, forum anak akan terus bergerak membantu pemerintah untuk mewujudkan Maros Lebih Sejahtera khususnya hak anak sesuai undang-undang. Juga sesuai komitmen Bupati Maros yang fokus pada daerah yang jauh dari kota.

Ia juga berharap melalui kegiatan ini maka anak-anak desa ikut berpartisipasi dalam mengangkat potensi desanya, karena akan disupport dan diberi perhatian dengan baik dari berbagai stakeholder.

Pendamping Forum Anak Maros dan Pengurus LPA Maros Nurfadillah

Sementera pengurus FABS yang juga menjadi pengurus Forum Anak Sulawesi Selatan Ikhsan Irsyat mengatakan akan melanjutkan pelaksanaan FABS KECE di 13 Kecamatan lainnya dan berupaya mendorong pelaksanaan fungsi Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor.

Kegiatan FABS KECE di koordinir oleh Pendamping FABS yang juga pengurus Lembaga Perlindungan Anak(LPA) Kabupaten Maros Nurfadillah Yani dan Asraf serta mendapat dukungan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Maros.