Forum Anak Maros Menyampaikan Usulan di Musrenbang Kabupaten Tahun 2019

230
Forum Anak Hadir di Musrenbang Kabupaten Tahun 2019

Maros (kla.id)

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Maros Tahun 2019 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2020 dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Senin (25/3/2019).

Musrenbang di buka oleh Bupati Maros Hatta Rahman dan dihadir oleh Kepala Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan Sulkaf S. Latief yang mewakili Gubernur, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua DPRD Kabupaten Maros, Unsur Forum Pimpinan Daerah, Para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Maros, Camat, Kades/Lurah, Pimpinan Organisasi/Lembaga Masyarakat, Perwakilan Kelompok Perempuan, Forum Anak dan Disabilitas.

Bupati Maros Hatta Rahman dalam sambutannya menyampaikan bahwa prioritas pembangunan Tahun 2020 adalah pemantapan kualitas sumber daya manusia, lingkungan, ekonomi, daya saing wilayah dan upaya penanggulangan kemiskinan.

Kepala Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan Sulkaf S. Latief, mewakili Gubernur menyampaikan kondisi pembangunan Sulawesi Selatan lima tahun terakhir dan rencana pembangunan lima tahun kedepan berupa rencana capaian pembangunan dengan tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas”. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan memperkuat sinergitas dengan pemerintah kabupaten serta berkoloborasi membangun Sulawesi Selatan, kata Sulkaf S. Latif.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD Provinsi Sulawesi Selatan oleh Irfan. AB dan Ketua DPRD Maros Chaidir Syam, yang dilanjutkan Ketua Bappeda Maros Towadeng yang dalam paparannya menyampaikan arah kebijakan dan prioritas pembangunan Kabupaten Maros Tahun 2020.

Ketua Forum Anak Maros Ikhsan menyampaikan usulan.

Hadir mewakili suara anak Kabupaten Maros Ketua Forum Anak Buttasalewangan Maros Ikhsan Irsyat yang menyampaikan terima kasih atas realisasi usulan forum anak pada Musrenbang Tahun 2017 dan 2018 seperti zona aman sekolah, layanan ramah anak di puskesmas, serta peningkatan sarana pendidikan di daerah pedalaman, serta pembangunan perpustakaan desa. “Kami mengharapkan dukungan dari seluruh Kepala Desa untuk membentuk forum anak desa dan mengikutkan pada pelaksanaan Musrenbang Desa serta meminta agar layanan akta kelahiran anak bisa lebih baik dan menjangkau semua wilayah di Kabupaten Maros” ujar Ikhsan.

Selain Forum Anak Kabupaten hadir juga pengurus Forum Anak Kecamatan Tompobulu Pratiwi yang mengharapkan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, akses jalanan ke sekolah, layanan kesehatan, layanan Kartu Identitas Anak, serta meminta untuk membuka layanan akta kelahiran di kecamatan selain layanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.