Forum Anak Wadah Serap Aspirasi Anak

604
Pjs Walikota Pontianak, Dra .Mahmudah, MM mengalungkan tanda peserta tanda dimulainya kegiatan

Kota Pontianak (kla.id) –  Pemerintah Kota Pontianak melalui Badan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP2KBP3A) menyelenggarakan Forum Anak Daerah Kota Pontianak tahun 2018. Dalam sambutannya Pjs. Walikota Pontianak, “Dra.Mahmudah, MM” menyampaikan kepada peserta Forum Anak yang hadir, “saya senang anak-anak peserta mengikuti kegiatan ini penuh semangat dan gembira, tahun ini merupakan forum Anak yang ke 13 kali nya diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pontianak,”. Hal tersebut disampaikan ketika membuka acara di ruang rapat Walikota, Jumat (9/3).

Pelaksanaan Forum Anak Daerah merupakan upaya pemenuhan hak anak khususnya Kluster Hak Sipil dan Kebebasan, yang bertujuan agar peserta anak berani menyampaikan buah pikirannya didalam sebuah organisasi.

“Saya memandang kegiatan ini sangat positif dan harus diakui bahwa kota Pontianak begitu aktif dalam menggalakkan forum anak hal ini dapat dibuktikan dengan pelaksanaan kegiatan Forum Anak ini sudah dilaksanakan untuk ke 13 kali nya,” ungkap Mahmudah usai membuka acara.

Sambutan Pjs.Walikota Pontianak

Pjs. Walikota Pontianak berharap kegiatan positif ini dapat berlangsung hingga tahun-tahun berikutnya, terkait dengan dukungan dari Pemerintah, Mahmudah mengungkapkan bahwa Pemkot Pontianak selalu menyediakan penganggaran pada dinas terkait agar kegiatan ini dapat terlaksana, “Pemkot Pontianak selalu mendukung kegiatan yang positif melalui penyediaan anggaran melalui dinas terkait, selain itu pembinaan juga rutin kita laksanakan,” ujar Mahmudah kepada media ketika diwawancarai.

Kegiatan tersebut tidak hanya dihadiri oleh Pjs. Walikota Pontianak tetapi juga dihadiri oleh Kepala DP2KBP3A Kota Pontianak “Dr. Darmanelly, M.Kes” sebagai  dan para narasumber yang bertugas menyampaikan materi selama pelaksanaan Forum Anak berlangsung.

Kepala DP2KBP3A Kota Pontianak, dr.Darmanelly, M.Kes mengungkapkan bahwa Forum Anak telah dibentuk mulai dari tingkat Kota hingga kelurahan, “Tidak hanya tingkat kota, Di Kota Pontianak juga telah dibentuk Forum anak di tingkat kecamatan hingga kelurahan bahkan mereka sudah melaksanakan kegiatan forum anak tingkat kecamatan dan kelurahan untuk ke 3 kalinya. Forum anak ini juga telah dilibatkan pada kegiatan Musrenbang baik tingkat Kelurahan, Kecamatan hingga Musrenbang Tingkat Kota Pontianak”, ungkap Darmanelly.

Peserta Forum Anak Daerah Kota Pontianak Tahun 2018

Kegiatan ini juga didukung oleh para narasumber baik dari DP2KBP3A Kota Pontianak juga dari Dinas Kesehatan Kota Pontianak materi Kesehatan Reproduksi, Dinas Pendidikan Kota Pontianak dengan Materi Pendidikan, Yayasan Nanda Dian Nusantara (YNDN) Kalbar dengan materi Pembinaan Karakter serta Armijn Chandra Sentosa seorang Psikolog Anak.

Sebagai penanggung jawab kegiatan, Kepala DP2KBP3A Kota Pontianak, Dr. Darmanelly, M.Kes berharap kegiatan ini akan sangat berguna bagi masa depan anak, “anak-anak akan di didik tidak hanya pintar tapi juga mengerti cara berorganisasi, kita akan siapkan mereka agar menjadi dewasa yang mandiri nantinya,” Jelas Darmanelly. (my)

Foto Bersama