Gebyar Paud Kota Jambi 2019

185

Kota Jambi (kla.id)

Menyiapkan generasi muda yang berkualitas sebagai penerus bangsa berarti membangun dan menyejahterakan kehidupan anak sedini mungkin, kepada anak perlu diberikan bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani dan rohani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia berbudi luhur, bersusila, cerdas dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Peringatan Gebyar PAUD  Kota Jambi yang dirangkai dengan Pembukaan Lomba dan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tingkat Kota Jambi tersebut, diikuti oleh seluruh anak-anak dari berbagai PAUD, TK dan Taman bermain se-Kota Jambi. Kehadiran Wali Kota Fasha dan Bunda PAUD pun disambut hangat oleh anak-anak dengan memberikan bucket karangan bunga. (2/12)

Kegiatan PAUD Kota Jambi Tahun 2019 di Balaikota tersebut diawali dengan parade defile pawai anak-anak. Dengan berbagai ekspresi keceriaan dan kelucuan, seluruh anak-anak tampak bersemangat tampil didepan Wali Kota Jambi. Tampak barisan anak-anak dengan mengenakan pakaian adat, pakaian berbagai profesi, penampilan drum band cilik, polisi cilik (pocil) dan penampilan bakat kesenian lainnya.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME, unsur Forkompimda, jajaran Pemkot Jambi, Ketua TP PKK Kota Jambi yang juga Bunda PAUD Kota Jambi Hj. Yuliana Fasha, M.Si, Ak.Ca, Ketua DWP Kota Jambi Hj. Choirianti Budidaya, Kabid Pendidikan Non formal dan PAUD Dinas Pendidikan Kota Jambi, Wakil Ketua Persit Dandim 0415/Bth, Wakil Ketua Pengurus Bhayangkari Cabang Polresta Jambi, serta Ketua organisasi wanita di Kota Jambi.

Wali Kota Fasha dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, anak-anak adalah harta paling berharga didunia. Orang tua sangat berperan penting dalam mendidik anak.

“Anak-anak adalah harta yang paling berharga di dunia ini. Ibarat mutiara yang sangat bernilai, anak-anak adalah aset terbesar bangsa ini. Masa depan anak-anak sangat tergantung dari orang tua. Oleh karena itu sudah menjadi tanggung jawab kita dalam tumbuh kembang anak senantiasa diajarkan hal-hal yang baik, karena dalam proses tumbuh kembang, peran pendidikan  keluarga oleh orang tua sangat dominan.” Ujar Fasha

Bagi Fasha pendidikan usia dini yang diajarkan oleh orang tua, maupun melalui jalur pendidikan formal dan non formal adalah pondasi awal anak-anak dalam mengenal keluarga dan lingkungan sekitarnya.

“Pendidikan adalah hal yang utama dan sangat penting bagi tumbuh kembang. Oleh karena itu, pendidikan harus disesuaikan dengan umurnya. Pendidikan juga merupakan bentuk perlindungan bagi anak-anak dari dampak dan pengaruh negatif dari luar. Mari bersama bersinergi memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak.” Jelas Fasha

Penyelenggaraan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 2019, merupakan sebuah gagasan maju untuk menumbuh kembangkan potensi yang ada pada diri anak, sekaligus berkeinginan melihat anak-anak usia dini beraktifitas secara kompetitif dengan sesama teman sebaya, bergembira, bermain dan ceria bersama, juga untuk meningkatkan kesadaran anak akan hak dan kewajiban dan tanggung jawabnya kepada orang tua, masyarakat serta kepada bangsa dan negara. (Yuni.Y)