GERAKAN PUNGUT SAMPAH KELURAHAN EKA JAYA

239

Kota Jambi (kla.id)

Hampir setiap kota selalu dihadapakan dengan persoalan sampah. Kadang persoalan sampah ini belum banyak teratasi dengan baik. Bisa dilihat masih banyak kota-kota yang tak punya penampungan, pengelolaan sampah yang baik, sehingga sampah berada di mana-mana. Begitu juga kesadaran masarakat yang kecil membuat persoalan sampah menjadi rumit. Ini berimbas ke banyak hal yang merugikan banyak orang.

Gerakan pungut sampah dilakukan dengan tujuan agar anak-anak mengerti bahwa membuang sampah di tempat umum adalah hal yang tak boleh. Juga membentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan di sekitarnya yang kotor. Dimulai pagi dengan nyanyian penyemangat sebelum beraksi.

Pada Minggu pagi warga masyarakat dari anak-anak hingga dewasa, membersihkan sampah yang ada dibeberapa titik lokasi diwilayah Kelurahan Eka Jaya setempat. Mereka memunguti sampah dan dimasukkan kedalam kantong karung selanjutnya dikumpulkan dan ditukar jajanan bagi anak anak, sampah yang telah terkumpul selanjutnya ditampung dibank sampah. (10/11/2019)

Oleh sebab itu penanaman kepedulian terhadap sampah harus dimulai dari kecil. Bukan hanya dengan teori saja tapi praktek dan kenyataan di lapangan. Karena banyak dari masarakat kita tahu tapi karena tak peduli , mereka tetap saja membuang sampah sembarangan. Aku selalu ingin memberikan banyak pengalaman hidup pada anak-anak agar mereka secara sadar dan nyata peduli dengan lingkungan sekitar. Mulai dari kegiatan menambung sampah di bank sampah , membuat kompos dari sampah organik. Dan yang terakhir melakukan gerakan pungut sampah.