“Go Bank” Hari Keluarga Nasional (Harganas), Cinta Keluarga Cinta Terencana

70

Tanjung Selor (kla.id) – Dala rangka menyambut Hari Keluarga Nasional (Harganas) Desa Long Telenjau sebagai salah satu lokus Kampung KB di Kecamatan Peso Hilir Kabupaten Bulungan meluncurkan Program “Go Bank”. Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat desa Telenjau akan pelayanan dibidang keuangan agar setiap keluarga sejak dini juga melihat perencanaan keuangan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam mewujudkan ketahanan keluarga menuju keluarga berkualitas.
Menindaklanjuti hasil musyawarah kelompok kerja Kampung KB, Penyuluh KB Kecamatan Peso Hilir menjalin komunikasi dengan bank Kaltimtara dalam hal ini dengan Bapak Yoyok Suproyanto, SE selaku kepala kantor kas Bank Kaltimtara cabang Bhayangkara untuk memfasilitasi kebutuhan dengan program “Go Bank”.
“Go Bank” memfasilitasi masyarakat Desa Long Telenjau untuk mempersiapkan setiap keluarga agar dapat memenuhi kebutuhannya dibidang keuangan baik dibidang perencanaan pendidikan, perencanaan dana tak terduga jika keluarga mengalami sakit ataupun juga tentunya mempersiapkan dana bagi hari tua. Selain manfaat tersebut diharapakan kegiatan “Go Bank” juga dapat membuat masyarakat menjadi lebih disiplin dalam menghargai dan menggunakan uang.
Sejak diluncurkan 10 Mei 2019 lalu program “Go Bank” mendapat sambutan yang baik dari masyarakat Desa Telenjau hal ini dibuktikan dengan sudah ada 30 keluarga yang membuka rekening di bank Kaltimtara dengan beragam jenis tabungan, mulai dari Simpanan Pelajar (SIMPEL), Tabunganku maupun Simpeda.
Apresiasi patut diberikan kepada kepala Desa Long Telenjau Bpk. Musa Anyi yang memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya semua keluarga mengambil bagian dalam program ini yang ditandai pembukaan rekening Simpeda langsung oleh kepala Desa Telenjau untuk diikuti keluarga lainnya.
Apresiasi yang sama juga patut diberikan kepada Bpk. Yoyok Supriyanto, dari bank Kaltimtara yang membuka ruang bagi berjalannya program “Go Bank” dan terlihat langsung dilapangan dalam memberikan Pelayanan.
Harapan kedepan tentu Program “Go Bank” akan menjadi percontohan khususnya untuk desa di Kecamatan Peso Hilir dalam membantu mewujudkan ketahan keluarga menuju keluarga berkualitas.
Menjadi sebuah catatan yang perlu digarisbawahi bahwa sesungguhnya lahirnya program “Go Bank” merupakan salah satu bagian dari sebuah kerinduan yang senantiasa digaungkan oleh Ibu Hj. Aryani Arsyad, M.Kes selaku kepala DPPPAPPKB Kabupaten Bulungan yang senantiasa mengajak serta memotivasi seluruh Penyuluh KB Kabupaten Bulungan untuk menggali ide dan gagasan yang manfaatnya bukan hanya sebagai salah satu daya ungkit pelaksanaan Program KKBPK namun juga sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Kabupaten Bulungan secara umum yang siap untuk hadir terlibat aktif dalam energi untuk membangun daerah maupun bangsa. “GoBank” #KampungKBLongTelenjau #PenyuluhKB #DPPPAPPKBKabBulungan.