Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Kota Jambi 2020

27

Kota Jambi (kla.id)

Pemerintah Kota Jambi tegas mengampanyekan pembatasan penggunaan kantong plastik di Kota Jambi. Baik melalui Peraturan Daerh (Perda) maupun Peraturan Wali Kota (Perwal). Sekaligus tegas memberi sanksi terhadadap pihak yang membuang sampah sambarangan. Bahkan pemberian sanksi terhadap pihak yang membuang sampah tidak sesuai aturan tersebut telah menjadi contoh daerah lain di Indonesia.

Ratusan pelajar tingkat sekolah dasar dilibatkan dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 Kota Jambi. Hal itu merupakan upaya untuk menumbuhkembangkan semangat pengolahan sampah untuk anak-anak. Dalam kegiatan tersebut juga digelar lomba pemilahan sampah bagi anak-anak.

Wakil Walikota Jambi Maulana menghadiri kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, di Taman Remaja, Kota Jambi, Sabtu (22/2). Kegiatan tersebut secara nasional digelar serentak. Wakil Walikota Jambi mengatakan, pada kegiatan tersebut fokus untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap sampah. Mengajak anak peduli lingkungan dengan mengurangi sampah mulai dari rumah, sekolah dan tempat lainnya.

“Anak-anak sudah mulai memahami aturan, bahwa dipusat perbelanjaan tidak boleh lagi ada kantong plastik. Mereka sudah tau harus bawa kantong belanja ramah lingkungan dari rumah, Anak-anak sudah diuji, pemahamannya terkait bahaya Sampah plastik sudah cukup baik”

Maulana berharap anak-anak bisa menerapakan dan menjadi pelopor pengurangan Sampah di rumah tangga.

“Bumi ini titipan generasi yang akan datang yang wajib kita jaga,” ujarnya.

Pemerintah Kota Jambi kata Maulana, komitmen dalam upaya pengurangan sampah plastik. Pihaknya sudah melibatkan banyak stakeholder untuk turun ke sekolah-sekolah memberikan penyuluhan, pemahaman terkait Sampah plastik.