HIMPAUDI KECAMATAN KEMPO MENGGELAR KARNAVAL ANAK DOMPU SEHAT CERDAS CERIA

143

Dompu~NTB Kla.id, Bulan Agustus adalah bulan Kemerdekaan Bangsa Indonesia tepatnya pada tanggal 17 Agustus, hal apa yang kalian tunggu ketika sudah memasuki bulan Agustus?, tentu kita sebagai bangsa Indonesia tidak akan lupa tanggal kemerdekaan bangsa ini, hal yang menarik di bulan ini adalah pada tanggal 17 Agustus yaitu dengan adanya kemeriahan atau karnaval dengan beragam dan aneka lomba di bulan Agustus.

Berbagai jenis lomba pada bulan 17 Agustus tentunya sangat seru dan unik untuk kita saksikan, dari berbagai penjuru Indonesia untuk mengadakan lomba pada tanggal kemerdekaan, baik itu dalam kalangan anak~anak sampai orang dewasa sekalipun.
Masyarakat dari penjuru Indonesia telah menanti datangnya pada tanggal 17 Agustus dengan keanekaan lombanya, gimana tidak? karena dengan adanya kegiatan lomba tersebut tentunya sangat terhibur untuk kita saksikan dan tidak hanya satu lomba saja tentunya bermacam~macam.

Dalam rangka merawat khasanah tradisi perayaan tujuh belasan, segenap elemen masyarakat Kecamatan Kempo pada Minggu (18/08~2019) melaksanakan Karnaval Anak Tingkat PAUD/TK se~Kecamatan Kempo~Dompu.
Kegiatan ini merupakan sebuah rangkaian acara yang diadakan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke~74 Tahun 2019.

Ketua HIMPAUDI Kecamatan Kempo menyatakan bahwa sejak kecil ia telah terbiasa menyaksikan acara ini.
“Agustusan adalah alah satu peristiwa yang kami nanyikan sebagai seorang bocah. Sebab selain lebaran, ini adalah salah satu peristiwa yang mampu membuat para anak bergembira” Ujarnya pada acara Karnaval Anak (18/08~2019).

Tidak diketahui persis kapan acara ini pertama kali diadakan. Namun dari beberapa certa yang beredar, perayaan ini konon sudah dilaksanakan sejak periode awal Republik ini berdiri. Bahkan masyarakat berbondong~bondong datang dari segala penjuru desa, untuk menyaksikan perayaan tersebut.

Kabid PAUD & DIKMAS Dinas Dikpora Kabupaten Dompu YUSUF WIJAYA saat menghadiri kegiatan Karnaval Anak yang diselenggarakan oleh HIMPAUDI Kecamatan Kempo berharap dengan diadakan kegiatan semacam ini dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air terhadap anak~anak PAUD maupun TK.

“Semoga Karnaval Anak Kecamatan Kempo ini bisa menjadi trademark Kecamatan Kempo sekaligus menjadi wahana kreativitas masyarakat, persentuhan upacara kemerdekaan dengan budaya dan unsur~unsur yang lain. Selebihnya agar acara ni mampu masuk dalam kalender wisata Kabupaten” kata YUSUF.

Menurutnya pada tahun~tahun sebelumnya. perayaan pada tanggal 17 Agustus saja, mampu menarik ribuan penonton.
“Dengan terselenggaranya acara ini selain juga menggerakkan ekonomi lokal, juga mampu merawat dan sekaligus produk lokal dimasa yang akan datang, seperti produk kesenian, produk kuliner dan produk kerajinan masyarakatlokal yang lainnya” pungkasnya.

Jenis-jenis lomba 17 Agustus, oke gaes di bawah ini adalah daftar lomba 17 Agustus yang unik dan lucu untuk kita saksikan, tentu nya dapat membuat hati kita senang dan tertawa, sebagai berikut :

Lomba Makan Kerupuk
Lomba makan kerupuk ialah yang ditunggu~tunggu karena lomba ini paling mudah dan lomba ini juga sangat favorit bagi masyarakat, kerupuk yang digunakan untuk perlombaan ini berukuran putih pada umumnya, hanya di tanggal ini kerupuk tersebut sangat laris karena sangat di buru oleh Panitia 17 Agustus, Alhamdulillah ya kang krupuk.

Lomba Balap Karung Memakai Helm
Lomba balap karung ini berbeda dari yang lainnya, yaitu dengan menambahkan sebuah helm untuk perserta lomba, dalam lomba ini kamu harus memakai sebuah karung dan helm yang telah disediakan oleh Panitia, dalam lomba ini juga tingkat kesulitannya sangat berbeda ketimbang lomba balap karung pada biasanya.
Dalam lomba ini, kamu harus melompat dengan cepat mencapai garis finish dan harus berhati~hati karena lomba ini rawan jatuh karena terburu~buru, siapa yang mencapai garis finish dialah pemenangnya.

Lomba Desain
Lomba desain gapura adalah lomba yang sangat sulit karena tingkat kesulitannya hanya orang tertentu saja yang mengikuti lomba ini, gimana tidak? karena lomba ini hanya orang yang memiliki keahlian tertentu.

Lomba Tarik Tambang
Lomba tarik tambang, kali ini lomba yang sangat menguras tenaga, biasanya lomba ini diisi oleh 6~10 orang, tim mana yang berhasil menarik tambang hingga ke batas yang ditentukan ialah pemenangnya, hati~hati ya gaes jika ikut perlombaan ini, perhatikan tangan dan kaki karena tarikan pada lawan.

Panjat Pinang
Panjat pinang, lomba ini sangat sulit hanya orang~orang yang gigih pemberani yang mengikuti lomba ini, karena lomba ini sangat menguras tenaga, selain itu juga tingkat kesulitannya berbeda, karena tantangan  lomba ini sangat licin dan tinggi justru itu harus exstra sabar, di ujung atas tiang ini digantung beberapa hadiah yang berbeda~beda dan tentunya sangat menarik, contonya barang elektronik, perabotan rumah tangga dan sepeda.
Para peserta harus naik untuk mengambil hadiah yang berada di atas, sehingga mereka pun akan bekerja sama dengan saling menggendong satu sama lain, tantangannya ialah tiang tersebut telah dilumuri oli dan para peserta tidak boleh memakai baju, sehingga permukaan tiang akan sangat licin dan susah untuk dipanjat.

Joget Balon
Joket balon, permainan berikut ini peserta harus berpasangan, dilomba ini kekompakan harus diuji, cara bermain lomba ini yaitu dan harus berjoget sampai musik selesai, dengan meletakan balon di tengah~tengah kepala pasangan tersebut, biasanya musik yang diputar Panitia adalah musik dangdut, sehinnga suasananya akan sangat menghibur.

Lomba Memindahkan Belut
Lomba memindahkan belut,  Belut terkenal sebagai hewan yang mempunyai kulit yang sangat licin, sehingga dalam perlombaan ini akan sangat sulit bila kamu tidak tahu teknik menangkap belut yang benar, dalam perlombaan memindahkan belut ini, pemenangnya adalah siapa yang paling banyak memindahkan belut dari lokasi start ke finish dalam waktu yang telah ditentukan Panitia.

Lomba Bakiak
Bakiak merupakan “sendal” yang dipasang berjajar untuk beberapa orang, biasanya diisi oleh 3~5 orang, dalam permainan ini kamu akan diajarkan kekompakan antar tim, dimana para peserta harus berjalan menggunakan bakiak secara bersama~sama untuk cepat sampai ke garis finish, diperlombaan ini, jatuh bukanlah hal yang asing, tapi itulah yang seru dan dapat membuat penonton tertawa.

Pukul Bantal
Perlombaan ini biasanya dilakukan di empang, dua peserta harus duduk berhadap~hadapan di atas bambu yang dipasang ditengah~tengah empang, kemudian mereka harus memukul satu sama lain menggunakan bantal, siapa yang kalah, bajunya akan basah karena jatuh ke dalam air yang ada di empang.

Lomba Balap Kelereng
Peserta biasanya membawa sendok sendiri dari rumah, tapi ada juga Panitia yang menyediakan sendok untuk pertandingan ini, lomba ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan benda, caranya dengan meletakkan kelereng diatas sendok yang kemudian dibawa sampai garis finish menggunakan mulut, Siapa yang kelerengnya jatuh di tengah jalan, maka ia akan didiskualifikasi dan tidak diperbolehkan untuk meneruskan pertandingan ini.
Hadiah dari perlombaan~perlombaan ini sebenarnya tidak seberapa, misalnya buku dan alat tulis, mie instan, perlengkapan dapur dan sebagainya. Tapi, yang berharga adalah kebersamaan dan keseruannya, juga tentunya ini adalah momen langka karena hanya terjadi setahun sekali.

Mengambil Koin Dalam Pepaya
Mengambail koin dalam pepaya, sama halnya seperti lomba makan kerupuk, dalam lomba mengambil koin ini tangan peserta juga akan diikat ke belakang, selanjutnya, para peserta akan berusaha mengambil uang koin yang dipasang pada semangka atau pepaya dengan menggunakan mulutnya, di lomba ini buah~buahan yang telah di sediakan oleh Panitia telah di lumuri oli, sehingga wajah peserta akan kotor dan lucu.

Sepakbola Sarung
Biasanya perlombaan ini diadakan untuk bapak~bapak, dalam permainan sepakbola sarung ini, para peserta lomba diharuskan memakai sarung atau kadang daster, Selanjutnya, mereka akan memainkan pertandingan sepakbola pada biasanya dengan menggunakan kostum tersebut, lucu ya gaes.

Lomba Tiup Balon
Perlombaan yang satu ini hanya bisa diikuti oleh orang~orang pemberani. Karena dalam lomba ini, para peserta harus meniup balon dengan mulutnya, siapa yang lebih dulu meniupnya sampai meledak, dialah pemenangnya, bila mengikuti lomba yang satu ini, harus hati~hati ya, jangan sampai balon yang meledak mengenai wajah. Bukannya senang dapet hadiah, malah kesakitan nanti, jangan nangis ya gaes jika mengikuti perlombaan ini.

Lomba Memindahkan Air Menggunakan Mangkuk
Memindahkan air menggunakan mangkuk, lomba kali ini juga tak kalah menarik dari lomba~lomba lainnya, dalam permainan ini juga harus berhati~hati, tetap menjaga keseimbangan tubuh kita dan fokus menghadap ke depan.

Pukul Kendi
Lomba pukul kendi, siapa yang gak tau lomba ini, cara bermainnya adalah kendi ataupun plastik berisi air digantung berjajar. Kemudian para peserta yang telah ditutup matanya harus memukul kendi tersebut. bila kendi itu pecah, di dalamnya telah tersedia kertas yang berisi tulisan hadiah apa yang bisa dibawa pulang oleh si pemecah.
Biasanya, dalam permainan ini dibutuhkan satu orang peserta dengan seorang pendamping yang bertugas mengarahkan peserta agar dapat mencapai tempat kendi digantung.

Memasukkan Benang Ke Dalam Jarum
Memasukan benang ke dalam jarum, lomba kali ini tentu nya sangat sulit karena memasukan benang tersebut dalam keadaan berjalan, dan tentu nya tidak mudah ya gaes, dalam hal ini peserta harus jeli dan cepat memasukan benang tersebut untuk mencapai garis finish.

Lomba Sepeda Santai
Lomba sepeda santai, siapa yang gak tau lomba ini, tentu tak ketinggalan bukan? bila di motoGP kita liat pertandingan balap motor secara kebut-kebutan, dilomba ini sangat berbeda yaitu dengan menggunakan sepeda dalam keadaan lambat, peserta yang terakhir mencapai garis finish dialah pemenang nya.

Lomba Memindahkan Karet Menggunakan Sedotan
Lomba memindahlan karet dalam sedotan, lomba ini biasa nya di lakukan oleh anak-anak, selain itu lomba ini juga tidak begitu sulit, permainan lomba ini ialah kamu harus menjaga karet tersebut agar tidak jatuh ke tanah, disini kita harus kompak dan tenang agar dapat memindahkan karet tersebut dengan mudah.

Lomba Balap Egrang
Lomba balap egrang adalah lomba yang membutuhkan konsentrasi tinggi supaya keseimbangan badan tetap aman, dalam beberapa perlombaan, egrang di kombinasikan dengan pertandingan sepakbola dan lomba makan kerupuk, semua menggunakan engrang sebagai media berjalan supaya terlihat unik dan menarik.

Lomba Tangkap Bebek
Loma tangkap bebek bika memasak ialah lomba khusus nagi ibu-ibu, maka lomba menangkap bebek ialah lomba khusus bagi bapak-bapak, tidak mudah menangkap bebek di air, dan hingga saat ini belum ada yang membocorkan trik untuk lomba yang paling sering digelar di Bali dan beberapa kota di Jawa Timur seperti Kota Sampang, Kota Ngawi, Kota Surabaya dan kota Wisata Batu.

Lomba Memasak
Lomba memasak 17 Agustus ini kebanyakan diminati oleh remaja putri sampai ibu-ibu, tapi tidak menutup kemungkinan juga diminati oleh pria yang mungkin juga memiliki keahlian di bidang memasak.
Lomba memasak ini biasanya diadakan di akhir-akhir acara atau setelah semua jenis perlombaan telah selesai sehingga tidak mengherankan  bila pesertanya seringkali membludak, sebagian juga datang hanya untuk sekadar mencicipi hasil masakan tersebut.

Lomba Rias Mata Tertutup
Lomba rias mata tertutup, lomba merias dengan keadaan tertutup tidaklah semudah merias dengan keadaan mata terbuka, walaupun anda sangat ahli make up, gimana jadi nya jika kamu make up dengan keadaan mata tertutup, bila lomba 17 Agustus ini diadakan di lingkunganmu pastinya akan sangat lucu dan menghibur.

Lomba Busana Ala Pahlawan
Lomba mirip pahlawan kemerdekaan, lomba kali ini bisa di bilang salah satu lomba  sangat kreatif, Selain sebagai ajang seru-seruan, lomba ini juga lebih memperkenalkan pahlawan kepada generasi muda, supaya mereka lebih mengingat para pejuang pahlawan Indonesia dari zaman penjajahan.
Di antara hal yang menjadi kriteria dalam penilaian adalah kemiripan fisik, kostum, sikap dan cara bicara dengan seorang pahlawan tertentu yang dia tiru, hal yang lucu dalam lomba ini ialah ketika ada peserta yang mengaku mirip dengan seorang pahlawan padahal sebenarnya tidak samasekali, ya wajar ya namnya juga lomba mirip pahlawan.   [Yd/DP3A Dpu]