Kabupaten Bulungan: Sambut Hari Anak Universal dengan Outdoor Classroom Day (OCDay)

192

Tanjung Selor (kla.id) – Dalam memperingati Hari Anak Internasional, Kabupaten Bulungan mengadakan kegiatan OCDay atau Hari Belajar Di Luar Kelas secara serentak. Kegiatan ini dilaksanakan disemua sekolah yang di tanjung Selor (Kamis, 07/11/19).Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang berdiri dan luar ruangan

Kegiatan ini juga diwarnai dengan deklarasi Sekolah Ramah Anak oleh sekolah – sekolah yang melaksanakan kegiatan OCDay.

Kegiatan OCDay ini bertujuan sebagai pembelajaran secara nyata dan untuk meningkatkan pengetahuan dan tumbuh kembang anak serta mendukung budaya dan cinta tanah air serta kreativitas dalam upaya penguatan pendidikan karakter.

Selain itu “OCDay” dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan melalui proses pembelajaran yang lebih menyenangkan.

Adapun beberapa jadwal kegiatan sehari belajar di luar kelas yang dilakukan serentak yakni, menyambut siswa dengan 3S (senyum, salam, sapa), menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, cuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum makan, sarapan sehat bersama yang disiapkan oleh orang tua.
Kemudian dilanjutkan dengan berdoa bersama setelah makan, cuci tangan setelah makan, memeriksa lingkungan, menyingkirkan tanaman, barang atau hal-hal yang membahayakan siswa, memeriksa lampu, peralatan listrik yang tidak diperlukan dan mematikan keran air yang terbuka, membaca buku di luar kelas.