Kampanye Edukasi Publik tentang Pemenuhan Bangunan Gedung

534

Tarakan (kla.id) – Bertempat di Kayan Ballroom, Hotel Tarakan Plaza (22/05/2018) Gubernur Kalimantan Utara menghadiri Kampanye Edukasi Publik tentang pemenuhan bangunan gedung yang diadakan oleh Direktorat Bina Penataan Bangunan, Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan, Ditjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kegiatan sekaligus dirangkai dengan acara buka puasa bersama. Dan dilanjutkan dengan melaksanakan Sholat Isya dan Tarawih berjamaah.

Kebutuhan terhadap pemenuhan bangunan gedung perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Hal ini guna mewujudkan bangunan gedung yang serasi dan tertata rapi. Sehingga dapat berdampak positif bagi perubahan ekonomi dan sosial. Karena itu, penyelenggaraan pembangunan gedung yang handal dan tertata, adalah modal utama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kaltara.

Atas nama Pemprov Kaltara, Irianto sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Bagi saya ini merupakan inisiatif yang sangat positif. Apalagi bagi Kaltara di usia yang relatif muda. Di mana masih memiliki keterbatasan dan kekurangan, utamanya dalam penataan bangunan. Saya menghimbau kepada instansi terkait, untuk dapat melibatkan pelaku usaha agar memahami regulasi bangunan gedung. Saya berharap dapat diundang para pelaku usaha yang menjadi pengguna bangunan”.

Perda Bangunan Gedung memiliki peran penting sebagai instrumen pengendali pembangunan, baik preventif maupun kuratif.

Hal ini bertujuan agar pembangunan di daerah berjalan tertib, serasi dan selaras dengan lingkungannya sesuai pengaturan dalam penataan ruang.

Sementara aspek teknisnya, penting Perda bangunan gedung itu untuk menjamin, keandalan bangunan gedung, di daerah dalam hal keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan.

Selain itu, Perda Bangunan Gedung juga berperan dalam aspek lokalitas yang menjadikannya sebagai peraturan penyelenggaraaan bangunan yang mengakomodasi berbagai muatan spesifik lokal di tiap daerah.

Foto Infopubdok Kaltara