Kampung KB Desa Gunung Seriang Jadi Percontohan Tingkat Kabupaten

186

Tanjung Selor (kla.id) – Desa Gunung Seriang Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan dicanangkan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) Percontohan untuk tingkat Kabupaten Bulungan, langsung oleh Bupati Bulungan, H.Sudjati, SH pada, Selasa (3/9).

Dijelaskan bupati, beberapa waktu lalu atau pada tahun 2018 lalu di desa tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Dinas  Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) bersama dengan Tim Pengerak PKK meluncurkan Kampung KB di Gunung Seriang.

Belum genap setahun, Kampung KB Desa Gunung Seriang tersebut pun telah menunjukkan progres yang cukup baik dibandingkan dengan Kampung KB yang lainnya yang ada di Bulungan.

“Sehingga dapat dijadikan atau dicanangkan sebagai percontohan untuk tingkat kabupaten Bulungan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan bupati, adapun progres yang baik ditunjukan oleh Kampung KB Desa Gunung Seriang ialah melalui kegiatan-kegaiatan yang telah dilakukan, seperti salah satunya penyedian Rumah Dataku yang berisi data-data berkaitan dengan KB. Kampung KB yang ada tersebut pula mendapat dukung penuh masyarakat setempat.

“Permasalahan utama yang masih sering ditemui di lapangan adalah tidak adanya kegiatan tindak lanjut setelah pencanangan. Untuk di Kampung KB Gunung Seriang ini setelah diluncurkan, terus konsisten dan ada tindak lanjut,” jelasnya.

Untuk itu ia mengajak seluruh pihak terkait untuk bersama-sama menjadikan Kampung KB sebagai sasaran pembangunan dan menjadi lokus kegiatan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Bulungan.

“Saya juga berharap kepada Pemdes gunung seriang, agar senantiasa memperhatikan kemajuan pembangunan di desa dengan adanya pencanangan Kampung KB Percontohan tingkat kabupaten Bulungan ini,” imbuh bupati.

Ia meminta agar hal yang ada dijadikan profil desa sebagai dasar evaluasi dan juga kepada masyarakat setempat agar turut berperan, serta aktif mendukung seluruh kegiatan.

“Karena tujuan pembangunan yang dilakukan adalah untuk mencapai kesejahteraan serta menjadikan bangsa yang berkualitas,” terangnya.

Untuk diketahui dalam kegiatan juga turut disampaikan materi-materi berkaitan dengan KB, oleh Koordinator Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Provinsi Kalimantan Utara, Rusman Efendi dan Kepala DP3AP2KB Aryani Arsyad.

Dalam kegiatan ini turut hadir perwakilan Forum Anak Desa (FAD) Gunung Seriang. Dalam kesempatan ini perwakilan FAD ini menyampaikan beberapa aspirasi  anak, mimpi serta harapan-harapan yang diinginkan oleh anak yang tinggal di wilayah tersebut.

Selain itu turut dilakukan pula Penyerahan bantuan peralatan budidaya ikan air tawar berupa jaring dan pakan. Juga penyerahan benih tanaman sayur dari Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan.

Serta Peresmian Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang telah dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) se-Kabupaten Bulungan, ditandai dengan penandatangan prasasti untuk di Desa Binai, Pura Sajau, Metun Sajau, Sajau Hilir, Desa Wonomulyo, Gunung Seriang, Gunung Putih, Panca Agung, Bumi Rahayu dan Salimbatu.(MC Bulungan/sny)