KEGIATAN GERAKAN ANAK RENTAN KEJAHATAN SEKSUAL KOTA JAMBI TAHUN 2022

231

Anak menjadi kelompok yang sangat rentan terhadap kekerasan seksual karena anak selalu diposisikan sebagai sosok lemah atau yang tidak berdaya dan memiliki ketergantungan yang tinggi dengan orang-orang dewasa di sekitarnya.Hampir dari setiap kasus pelecehan seksual yang ditangani, pelakunya adalah orang yang terdekatat dengan korban. seperti orang tua, tetangga, teman sebaya dan guru dengan kata lain, siapa pun berpotensi menjadi pelaku kekerasan seksual terhadap anak atau pedofilia.Kasus kekerasan seksual terhadap anak masih menjadi fenomena gunung es. Hal ini disebabkan kebanyakan anak yang menjadi korban kekerasan seksual enggan melapor. Kekerasan seksual terhadap anak akan berdampak panjang, di samping berdampak pada masalah kesehatan di kemudian hari, juga berkaitan dengan trauma yang berkepanjangan, bahkan hingga dewasa.

Faktor penyebab anak rentan terhadap kekerasan seksual

  1. Anak sangat mudah terpengaruh dengan iming-iming yang diberikan pelaku maupun pelaku yang memiliki hubungan keluarga atau dari lingkungan pendidikan.
  2. Anak tidak bisa mengekspresikan apa yang sedang dialaminya dengan bahasa verbal.
  3. Anak menggantungkan hidupnya pada pelaku, karena sebagian besar pelaku adalah orang terdekat anak tersebut.
  4. Lambatnya korban melaporkan kekerasan yang dialami kepada pihak-pihak yang menangi.

Peserta kegiatan Gerakan Anak Rentan Kejahatan Seksual Kota Jambi Tahun 2022 terdiri dari 50 orang Anak – Anak Rentan Kejahatan Seksual. Narasumber kegiatan ini berasal dari DPPKB Kota Jambi dan Lembaga Kampung Dongeng. kegiatan ini di laksanakan di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak