Kegiatan PATBM Kelurahan

61

Kota Jambi (kla.id)

Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) adalah sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak.

  • Kegiatan PATBM Keluarahan Sungai Putri Tahfiz Quran seminggu sekali di Kantor Lurah Sungai Putri, setiap hari Kamis pukul 14. 00 s/d selesai

Mengajar ngaji merupakan kegiatan yang bertujuan untuk berpartisipasi aktif di bidang pendidikan masyarakat. Dalam kegiatan ini, tim KKN membantu mengajar iqra’ dan tajwid untuk anak-anak, Kegiatan ini dilaksanakan setiap malam setelah Shalat Magrib berjamaah.

Dalam rangka upaya memberantas buta huruf Al-Qur’an dan mewujudkan mimpi masyarakat Indonesia bebas buta huruf serta gerakan 1 juta orang hafal juz ‘amma. Kader PATBM Kelurahan bekerja sama dengan Pengurus Masjid mengadakan kegiatan belajar mengaji rutin di Masjid yang ada di Kelurahan tersebut.

  • Kegiatan PATBM pendamping, penyerahan santunan untuk anak-anak yatim piatu di Kelurahan Sulanjana.

 

Dalam situasi dan kondisi pandemi saat ini, sebaiknya kita mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin, salah satunya dengan mempelajari, mengkaji dan mentadaburi kitab Allah. Selain mempelajari Al-Qur’an, baiknya kita sesering mungkin memanjatkan beribu-ribu do’a agar virus covid-19 segera berakhir.

Tidak hanya mengajar ngaji Kader PATBM juga memberikan santunan Kepada anak yatim dan kaum dhuafa di Kelurahan yang ada di Kota Jambi, bantuan yang diberikan tidak seberapa nilainya. Namun, diharapkan bisa meringankan beban warga kurang mampu.

  • Kegiatan PATBM pendamping, penyerahan santunan untuk anak-anak yatim piatu di Masjid.

Maksud dan tujuan adalah untuk menguatkan kapasitas masyarakat melakukan upaya perlindungan anak dengan mencegah secara mandiri permasalahan kekerasan terhadap anak yang terjadi di masyarakat, penyusunan struktur PATBM adalah fasilitator dan relawan mampu mendampingi masyarakat dalam pengembangan PATBM sebagai salah satu indikator KLA.