Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Indikator Komposit Kesejahteraan Anak (IKKA)di Provinsi Kalimantan Tengah

234

Palangka Raya (kla.id) –“ Sebagai generasi penerus, anak akan memberikan corak dan warna pada kehidupan bangsa di masa mendatang, dan karenanya kualitas bangsa akan sangat tergantung dan ditentukan oleh kualitas anak pada masa sekarang. Untuk menjalankan fungsinya anak perlu dijaga, dibina, dan tingkatkan kualitas hidupnya sehingga dapat tumbuh dan berkembang optimal sesuai usianya untuk menjadi generasi berkualitas yang memiliki potensi membangun bangsa. Kualitas anak Indonesia telah meningkat baik dilihat dari sisi kualitas fisik maupun kualitas mental. Seara fisik dapat ditunjukan bahwa anak Indonesia usia dini mempunyai derajat dan status kesehatan yang meningkat yang ditunjukkan oleh angka kematian bayi dan balita yang menurun serta prevalensi imunisasi yang semangkin tinggi yang akan berpengaruh terhadap menurunnya angka mortalitas yang disampaikan oleh dr. ADM. Tangkudung, M.Kes selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah dihadapan peserta kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Indikator Komposit Kesejahteraan Anak (IKKA) di Hotel Aquarius Bouttigue tanggal 21-23/11”.

Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Indikator Komposit Kesejahteraan Anak (IKKA) adalah memberikan gambaran umum tentang tingkat perkembangan kesejahteraan anak antara waktu dan antar daerah yang mencakup kajian bidang yang menjadi acuan dalam upaya peningkatan kualitas anak.

Kegiatan ini di awali dengan laporan ketua panitia yang disampaikan oleh kepala seksi perlindungan anak dan sekaligus yang membuka kegiatan dr. ADM. TANGKUDUNG, M.Kes di hadiri peserta berjumlah 36 orang yang terdiri dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten/ Kota berjumlah 26 orang, Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah, P2TP2A, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Badan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah yang berjumlah 10 orang. Narasumber dari Kementerian PP-PA RI  1 (satu) orang Fakih Usman, S.Sos,ME Sekretaris Deputi Bidang Perlindungan Anak, Narasumber Provinsi  2 (dua) orang dr. ADM. Tangkudung, M.Kes dan Badan Statistik Mokhamad Haris, S.Si, Fasilitator Nasional 2 (dua) orang Sumarwanto dan Johny Anwar. Materi yang disampaikan adalah 1. Indeks Komposit Kesejahteraan Anak, 2. Pengantar Statistik Kalteng, 3. Pengawasan Informasi (infogratis) Kalteng, 4. Pengenalan IKKA Kalteng, 4. Pemanfaatan IKKA Kalteng, 5. Pembangunan Kesejahteraan Anak Untuk Kalimantan Tengah Berkah.

Kegiatan ini di bebankan pada DPA Dekonsentrasi APBN Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018.

Dengan adanya kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Indikator Komposit Kesejahteraan Anak (IKKA) dapat melatih para perencana program dari OPD terkait tata cara penyusunan program dan kegiatan  di masing-masing OPD Kabupaten/ Kota di Provinsi Kalimantan Tengah (Revika,A.md).