Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi siswa PAUD

377

Kota Jambi (kla.id)

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) adalah program intervensi untuk anak-anak yang kurang gizi di mana saja untuk meningkatkan status gizi anak serta untuk mencukupi kebutuhan gizi anak agar tercapainya status gizi dan gizi yang sesuai dengan anak-anak tersebut. PMT sebagai sarana pemulihan gizi dalam arti kuratif, rehabilitatif dan sebagai sarana pendukung salah satu bentuk bantuan gizi dari keluarga luar, sehingga makanan bergizi penerima tambahan ini menunjukkan perbaikan dan memintanya benar-benar sebagai penambah dengan tidak menambah jumlah makanan yang dibutuhkan setiap hari dirumah.

Ketua TP PKK Kota Jambi Hj Yuliana Fasha SE. M.Si. Ak. Ca yang juga sekaligus sebagai Bunda PAUD Kota Jambi menghadiri kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Siswa Pendidikan Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Alam Barajo, bertempat di PAUD Rama Cerdas Ceria Perumahan Pinang Merah Bagan Pete. Ibu walikota menyampaikan sambutannya bahwa TP PKK Kota Jambi mencanangkan Satu Program perbaikan gizi bagi anak-anak PAUD

Kedatangan Bunda Paud Kota Jambi tersebut disambut antusias anak-anak Paud binaan yayasan tersebut. Dengan antusias, secara bergantian dan tertib mereka menerima PMT yang langsung diserahkan oleh Hj Yuliana Fasha.

Menurut Yuliana, tujuan diadakannya Pemberian Makanan Tambahan adalah program intervensi bagi balita untuk meningkatkan status gizi anak serta untuk mencukupi kebutuhan zat gizi anak agar tercapainya status gizi dan kondisi gizi yang baik sesuai dengan umur anak tersebut.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kecamatan Alam Barajo,  Camat Alam Barajo Lurah Bagan Pete dan Ketua TP PKK Kelurahan Bagan Pete, “Kami berharap dengan adanya kegiatan ini jangan sampai terjadi kasus gizi buruk kepada anak-anak di Kota Jambi. Kami ingin anak-anak balita di Kota Jambi tumbuh sehat dan berkembang sesuai tahapan pertumbuhannya,” ujarnya.

Kedepannya, Yulina ingin mengintensifkan dan mensinergikan kembali kerjasama dan kordinasi yang baik dari TP PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan dalam mendukung program pemerintah untuk mencegah terjadinya kasus gizi buruk di Kota Jambi.

Makanan anak prasekolah harus mendapat perhatian mengingat masih dalam masa tumbuh kembang, maka keseimbangan gizinya harus disetujui tetap sehat. Oleh karena itu, pola pemberian makanan sangat penting untuk diperhatikan.