Kegiatan Seminar dan Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja dalam Keluarga

268

Palangkaraya (kla.id) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Kegiatan Seminar dan Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja dalam Keluarga. Peserta kegiatan berjumlah 100 (seratus) orang yang terdiri dari dari sekolah tingkat SD, SMP, SMA, Tokoh Adat, TP-PKK, Tokoh Masyarakat, Tokoh institusi/ Lembaga/Organisasi yang terkait. Pertemuan ini diawali dengan laporan ketua pelaksana yang diwakili oleh Kepala Seksi Perlindungan Anak Hendrie, SKM dan yang membuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah dr. ADM Tangkudung, M.Kes dalam sambutannya mengatakan ketidakmampuan orang tua dalam mengasuh anak membuktikan permasalahan perilaku anti sosial anak seperti bullying, keterlibatan dalam penyalahgunaan narkoba, kekerasan dan lainnya terjadi karena lemahnya pengasuhan orangtua. Kegiatan Seminar dan Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja dalam Keluarga dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 29 November 2019 di Hotel NEO jalan Tjilik Riwut Palangka Raya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan upaya pencegahan dan perlindungan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Provinsi Kalimantan Tengah dan sebagai media mempelajaran pola asuh anak dan remaja di Kalimantan Tengah.

Narasumber dari Yayasan Bhakti Asdiraa Nyi Mas Diane Wulansari bersama peserta kegiatan melakukan pergerakan relaksasi (Pinguin Dance)

Narasumber berjumlah 3 (tiga) orang dr. ADM. Tangkudung, M.Kes Kepala Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah dengan judul”Kebijakan Pola Asuh Anak”, Norliani, SKM.,M.KesTim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah“ Pertumbuhan dan Perkembangan Anak”,Nyi Mas Diane Wulansari Yayasan Bhakti Asdiraa“Pola Asuh Anak dan Remaja Dalam Keluarga”.

Kepala Dinas P3APPKB Prov. Kalteng dr. ADM. Tangkudung, M.Kes sedang menyampaikan paparan tentang Kebijakan Pola Asuh Anak di Hotel NEO Palangka Raya

Hasil yang diharapakan dari kegiatan ini meningkatnya kualitas pola asuh anak dan remaja di Kalimantan Tengah dan terpenuhinya pengetahuan, informasi dan teknik pola asuh anak dan remaja yang sehat dan wajar guna mencegah dan melindungi kekerasan terhadap perempuan dan anak di Provinsi Kalimantan Tengah.

Pelaksanaan Kegiatan Seminar dan Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja dalam Keluarga ini dibebankan pada DPA-SKPD Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2019.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta  kegiatan dapat memberikan informasi tentang  pembelajaran pola asuh anak dan remaja dalam keluarga  di lingkungan sekolah dan masyarakat dan lindungi anak-anak dari tindakan kekerasan (Revika).